Ini Efeknya Kalau Minum 4 Cangkir Kopi Tiap hari

Odilia WS - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 07:00 WIB
Minum lebih dari 4 cangkir kopi tiap hari Foto: iStock
Jakarta -

Para ahli sarankan maksimal minum 4 cangkir kopi tiap hari. Lalu apa akibatnya bagi tubuh jika melebihi takaran yang dianjurkan tersebut?

Jutaan orang di dunia mengawali pagi dengan secangkir kopi. Sebagian orang justru yang tak bisa lepas dari kopi sepanjang hari. Sebagai penambah energi dan bisa mencegah rasa lelah dan kantuk.

Hal ini karena kopi mengandung kafein. Tetapi asupan kafein berlebihan ternyata juga memberi dampak negatif untuk tubuh. Todd Sontag,DO seorang dokter yang tergabung dalam Orlando Health Physician Associates memberikan pendapatnya, seperti dilansir eatthis (3/8).

'Rekomendasi maksimal dosis kafein yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 400 mg tiap hari,' ujarnya.

Untuk konversi dalam asupan kopi, 400 mg kafein setara sekitar 4 cangkir kopi masing-masing 230 ml. Jika dikonsumsi lebih dari itu bisa memicu insomnia atau gangguan tidur dan bahkan masalah kesehatan jantung. Sementara khusus untuk ibu hamil Todd Sontag menganjurkan untuk mengurangi hingga 300 ml kafein.

Tetapi dokter kandungan Gil Weiss justru menganjurkan wanita untuk mengurangi total konsumsi kafein. Menurutnya hampir semua ahli setuju mengurangi asupan kafein hingga 200 mg tidak akan berpengaruh pada kesuburan.

cara minum kopiEfek minum 4 cangkir kopi tiap hari. Foto: iStock

Lalu apa efeknya jika terlalu banyak minum kopi?

'Mengonsumsi 400 mg kafein atau 4 cangkir kopi bisa menyebabkan kecemasan, insomia dan detak jantung bertambah. Sementara untuk ibu hamil yang mengonsumsi 300 mg kafein atau 3 cangkir kopi atau 10 bar cokelat, atau 1 kaleng energy drink per hari bisa memicu keguguran,' ungkap Todd Sontag.

Sementara untuk ibu menyusui dianjurkan untuk berhenti tetap mengasup kafein. Karena bisa memicu gangguan tidur dan pencernaan pada bayi.

Jika batas maksimal konsumsi kafein dilewati bisa menyebabkan ketergantungan. Orang akan terus menerus menambah asupan kafein karena tubuh sudah jadi kebal. Hal ini bisa memicu ketergantungan secara psikologis.

'Ada banyak efek potensial seperti halnya konsumsi obat. Tidak akan terlihat efeknya jika tidak dicoba. Asupan 400 mg kafein setiap hari merupakan batas maksimal. Tetapi untuk beberapa orang, bisa lebih banyak atau lebih sedikit dan bisa menyebabkan efek samping yang tak diinginkan,' tegas Todd Sontag.

Fresh hot coffee being poured into a cup from a stainless steel french press in a trendy cafeEfek minum 4 cangkir kopi tiap hari. Foto: iStock

Karena itu setiap orang harus mampu mengukur kapasitas tubuhnya sebagai batasan mengonsumsi kafein. Perhatikan reaksi tubuh, jika terasa ada gangguan berarti harus melakukan penyesuaian. Atau jika efeknya serius harus berkonsultasi dengan dokter.

Sebagai gambaran 1 cangkir kopi hitam tubruk mengandung 96 mg kafein, kopi decaf 2 mg kafein, dan 1 shot (30 ml) espresso mengandung 64 mg kafein serta 1 cangkir kopi instan mengandung 62 mg kafein.



Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)