Reaksi Tubuh Usai Minum Kopi, Jantung Berdetak hingga Sering Buang Air Kecil

Devi Setya - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 06:00 WIB
minum kopi Foto: iStock
Jakarta -

Tubuh secara alami akan menghasilkan reaksi ketika mengasup kopi. Efeknya beragam mulai dari jantung berdetak kencang hingga sering ke toilet untuk buang air kecil.

Kandungan kafein dalam kopi memang menyebabkan berbagai reaksi pada tubuh. Yang paling mudah dirasakan yakni mata melek dan tubuh terasa lebih bersemangat. Tapi selain efek ini, kopi ternyata memberi reaksi pada tubuh sesuai waktu minum kopi.

Efek yang dirasakan saat 10 menit usai minum kopi akan jauh berbeda dengan yang dirasakan usai 6 jam setelah minum kopi. Efek ini berbeda pada setiap orang tergantung kondisi tubuh dan kesehatannya.

Baca juga : Apa Benar Sering Minum Kopi Sebabkan Tubuh Dehidrasi?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut reaksi yang dirasakan tubuh setelah minum kopi.

1. Setelah 10 menit

Minum Kopi di Pagi HariMinum Kopi di Pagi Hari Foto: iStock

Menikmati kopi bagi sebagian orang dianggap seperti memberi dopping semangat. Tak heran kalau kopi dipilih jadi minuman pagi atau minuman yang dinikmati saat sedang suntuk. Kopi secara alami memberikan efek pada tubuh secara cepat.

Kandungan kafein dalam kopi akan langsung diserap tubuh dan mengalir dalam darah. Hal ini terjadi dalam 10 menit pertama usai meneguk kopi. Dilansir dari OttenCoffee (4/8) hal ini ditandai dengan meningkatnya detak jantung, aliran darah semakin deras serta tubuh merasa lebih bersemangat.

Lambat laun, reaksinya akan berubah karena tubuh terasa bugar dan berenergi. Tak hanya itu, saat 20 menit usai minum kopi juga otak seolah bekerja lebih optimal karena adanya rangsangan reaksi dopamine dan glutamine.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3