7 Minuman Pengganti Kopi Ini Bisa Bikin Mata Melek di Pagi Hari

Tim Detikfood - detikFood Senin, 12 Jul 2021 05:00 WIB
variasi racikan hot chocolate Foto: iStock
Jakarta -

Kafein dalam kopi memang membuat mata melek dan menjadi waspada. Selain kopi, Anda juga bisa membuat mata melek dengan beberapa pilihan minuman lain.

Dorongan energi dan efek melek yang diciptakan membuat orang menyukai kopi. Namun, terlalu banyak asupan kafein jelas tidak baik untuk kesehatan. Kamu perlu mempertimbangkan mencari alternatif penggantinya.

"Ketika mencari alternatif kopi, banyak pilihan yang bisa dinikmati tergantung pada apa yang Anda sukai dari kopi," ujar ahli gizi, Willow Jarosh, mengutip dari Bustle.

Jika kamu menyukai rasa kopi, maka pilih alternatif yang memiliki rasa kurang lebih serupa. Kemudian jika soal kandungan kafeinnya, banyak pula minuman dengan kandungan kafein lebih 'ramah'. Yang penting, kata Jarosh, setidaknya alternatifnya musti membuat Anda senang.

Berikut minuman pengganti kopi yang bisa bikin mata melek di pagi hari:

1. Matcha

Matcha merupakan racikan teh khas Jepang di mana daun teh muda digiling hingga menjadi bubuk. Ini alternatif kopi yang baik sebab sama-sama mengandung kafein dan memiliki rasa agak pahit.

"Matcha mengandung kafein bersama dengan L-theanine, asam amino yang menenangkan pikiran tanpa rasa kantuk," ujar Jarosh.

Dalam sebuah studi, L-theanine bisa bekerja mirip efek kafein untuk menghasilkan efek positif pada kognisi dan suasana hati. Energi yang dihasilkan pun tidak menimbulkan gelisah, tetapi lebih santai.

2. Teh hijau

Ahli kesehatan Anthony Kouri mengatakan, teh hijau melalui pemrosesan minimal sehingga memiliki manfaat kesehatan paling besar di antara jenis teh lain.

Riset menunjukkan, orang yang minum teh hijau jauh lebih kecil kemungkinan terkena kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, lambung, dan kolorektal.

"Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme," imbuhnya.

Hingga kini masih terjadi perdebatan soal seberapa banyak konsumsi teh hijau yang aman. Namun, untuk manfaat maksimal, Kouri menyarankan sekitar 3-5 cangkir teh per hari.

Apa Benar Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan?7 Minuman Pengganti Kopi yang Bikin Mata Melek di Pagi Hari. Foto: iStock

3. Air lemon

Jika ngopi biasa jadi ritual memulai hari, tidak perlu ribet dan bingung sebab kamubisa menggantinya dengan air lemon. Air lemon bebas dari kandungan kafein dan kalori. Minuman ini akan berperan sebagai antioksidan berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Vitamin C berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang sangat penting di masa pandemi sekarang. vitamin C juga berfungsi untuk membuat kolagen atau protein yang menyediakan struktur dasar untuk kulit, tendon, dan ligamen.

Mengutip dari Healthline, cukup satu gelas air lemon atau 1 sendok makan perasan lemon ditambah 237 mililiter air sudah menyediakan 10 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

Minuman sehat apa saja yang punya efek sama dengan kopi? Cek daftarnya DI SINI !



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com