Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Bisa Bikin Panjang Umur, Ini Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 21 Jun 2021 07:00 WIB
Young Women Drinking Coffee Concept Foto: Istock
Jakarta -

Minum kopi ternyata bisa membuat orang lebih panjang umur. Terutama jika minum 3-5 cangkir kopi setiap hari. Ini penjelasannya.

Kopi jadi minuman yang tak bisa terpisahkan di pagi hari bagi sebagian besar orang. Selain untuk menambah energi dan membuat mata lebih melek, kopi juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari Best Life Online (21/06), ada takaran porsi kopi khusus agar bisa memperpanjang usia atau membuat orang lebih panjang umur. Tentunya klaim ini didukung oleh beberapa studi, yang melihat keterkaitan antara takaran kopi dan masa usia seseorang.

Baca Juga: Minum Kopi Pagi Hari, Bikin Fokus Tapi Tak Makin Kreatif


Mengurangi Risiko Kematian 15%

Quarantine Young asian woman wearing smart casual clothes work at home in living room using laptop and drinking hot coffee and croissant while city  lockdown for covid-19 corona virus pandemic.Quarantine Young asian woman wearing smart casual clothes work at home in living room using laptop and drinking hot coffee and croissant while city lockdown for covid-19 corona virus pandemic. Foto: Getty Images/iStockphoto/vichie81

Salah satu takaran kopi yang dianjurkan adalah meminum 3-5 cangkir kopi sehari, untuk mengurangi risiko kematian dini sebanyak 15%. Penelitian ini berdasarkan jurnal yang dipublikasikan American Heart Association (AHA).

Dalam penelitian tersebut, mereka memperhatikan pola minum kopi seseorang. Di sana mereka menemukan para peserta yang rajin minum 3-5 cangkir kopi, memiliki usia lebih panjang dibandingkan mereka yang jarang atau lebih sedikit minum kopi setiap harinya.

Selain itu penelitian lainnya menemukan adanya hubungan antara kopi dengan kaitannya untuk kesehatan jantung. Penelitian ini juga dirilis oleh AHA. Mereka meneliti data dari 3 studi besar yang melibatkan 208.501 peserta yang diamati selama 30 tahun. Penelitian ini mencakup pengamatan konsumsi kopi mereka.

Minum 3 Cangkir Kopi Sehari

Ini Cangkir yang Ideal Untuk Minum Kopi Agar  Rasa dan Aromanya EnakIni Cangkir yang Ideal Untuk Minum Kopi Agar Rasa dan Aromanya Enak Foto: iStock

Dari 21.000 peserta yang diteliti di AHA kebiasaan minum mereka setiap hari. Peneliti menemukan adanya perbedaan yang signifikan antara orang-orang yang meminum kopi lebih dari tiga cangkir setiap harinya. Hasil dari data yang dihimpun, menunjukkan adanya indikasi penurunan risiko gagal jantung bagi mereka yang rutin meminum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari.

Bahkan mereka mengalami penurunan risiko terserang gagal jantung sebanyak 30%, setelah rutin meminum setidaknya dua cangkir kopi dalam sehari. Dibandingkan para peserta yang hanya minum secangkir kopi atau tidak minum kopi sama sekali dalam sehari.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com