Tambahkan Jahe dan Lemon Agar Teh Hijau Makin Berkhasiat

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 06:00 WIB
racikan teh hijau campur jahe, lemon, dan madu Foto: iStock
Jakarta -

Teh hijau cocok dikonsumsi pagi hari karena bisa memberikan efek menenangkan. Kalau ingin teh hijau makin nikmat, tambahkan jahe dan lemon.

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang menyehatkan untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Karena, di dalam teh hijau mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti zat antioksidan.

Zat antioksidan pada teh hijau bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme pada tubuh. Karenanya bisa digunakan untuk meringankan risiko penyakit dan menurunkan berat badan.

Biasanya banyak orang mengonsumsi teh hijau di pagi hari saat sarapan. Karena dipercaya bisa menenangkan dan membuat tubuh jauh lebih rileks.

Glass cup with fresh green tea and mint.teh hijau. Foto: Getty Images/iStockphoto/DevMarya

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya

Agar minum teh hijau di pagi hari makin nikmat, tak ada salahnya mencampurkan beberapa bahan tambahan. Seperti dilansir dari Eat This (26/3), kamu bisa meracik teh hijau dengan rempah.

Direkomendasikan untuk mencampurkan potongan jahe, madu, dan lemon. Sejumput bubuk kunyit juga bisa ditambahkan agar teh hijau makin berkhasiat untuk menambah imunitas tubuh.

Selain membuat rasanya makin nikmat, adanya jahe pada racikan teh hijau bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Jahe dan kunyit juga mengandung zat anti-inflamasi yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Kalau kamu sedang merasakan mual, teh hijau yang dicampurkan jahe atau kunyit bisa jadi peredanya. Jahe juga dapat membantu dalam mencegah asam lambung naik karena bisa mengurangi frekuensi refluks asam.

racikan teh hijau campur jahe, lemon, dan maduracikan teh hijau campur jahe, lemon, dan madu Foto: iStock

Untuk sensasi rasa manisnya jangan menambahkan gula pasir, melainkan ganti dengan madu. Karena madu adalah pemanis alami yang rasanya juga pas ketika dipadukan dengan teh hijau. Namun, cukup 1 sendok teh saja.

Bagaimana cara membuatnya? Siapkan dulu 3 cm ruas jahe lalu pipihkan, kemudian rebus dengan air mendidih dan gunakan airnya untuk menyeduh teh hijau. Bisa juga jahe dibakar terlebih dahulu agar aromanya makin kuat.

Untuk menambah rasa dan khasiat, tambahkan sedikit madu dan air lemon. Aduk hingga merata, kemudian bisa langsung dinikmati. Makin enak dikonsumsi selagi hangat.

Baca Juga: Shogayu, Racikan Teh Jahe Jepang yang Ampuh Atasi Flu



Simak Video "Nikmatnya Menyeduh Teh, Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com