Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 28 Okt 2020 06:00 WIB
healthy green tea  isolated on white background Foto: iStock
Jakarta -

Manfaat teh hijau untuk diet ini berguna untuk kamu yang tengah turunkan berat badan. Perhatikan aturan minumnya untuk mendapat hasil maksimal.

Selain teh hitam, banyak orang mengawali pagi dengan minum teh hijau. Jenis teh ini menawarkan aroma dan rasa yang lembut. Manfaat sehatnya juga banyak.

Pasalnya teh hijau tinggi antioksidan yang bagus untuk kesehatan jantung hingga otak. Bagi yang tengah diet, konsumsi teh hijau juga sangat disarankan.

Teh hijau bisa meningkatkan pembakaran lemak sehingga berat badan cepat turun. Namun supaya hasilnya maksimal, konsumsilah teh hijau dengan cara yang tepat.

Berikut manfaat teh hijau untuk diet dan aturan minumnya:

1. Mengapa teh hijau bagus untuk turunkan berat badan?

Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita DiabetesFoto: iStock

Dikutip dari Times of India (27/10), teh hijau membuat metabolisme tubuh lebih efisien. Metabolisme sendiri merupakan proses tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi yang siap dipakai.

Pada teh hijau terdapat kandungan flavonoid catechin yaitu antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah penelitian tahun 2010 menemukan suplemen teh hijau yang mengandung kafein atau catechin memiliki dampak kecil, namun positif untuk program penurunan berat badan.

Minum teh hijau sangat direkomendasikan untuk pelaku diet, tentunya juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat secara menyeluruh. Seperti rutin olahraga dan konsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup.

2. Berapa banyak teh hijau yang harus dikonsumsi untuk turunkan berat badan?
Manfaat teh hijau untuk diet memang sudah terbukti, namun usahakan kamu mengonsumsinya secara tepat. Jumlah yang disarankan adalah 2-3 cangkir teh hijau per hari.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Maryland Medical Centre. Namun untuk jumlah tepatnya, konsumsi teh hijau bisa berbeda antar orang karena tergantung metabolisme alami mereka.

Baca Juga: Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]