5 Diet Terbaik untuk Panjang Umur, Diet Mediterania hingga Okinawa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 24 Jul 2021 08:00 WIB
Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock
Jakarta -

Diet terbaik untuk panjang umur ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang mau hidup sehat dalam jangka waktu lama. Salah satunya diet Mediterania yang memang sudah populer sebagai diet tersehat.

Panjang umur adalah keinginan hampir semua orang karena mereka bisa menyaksikan berbagai hal penting yang bakal terjadi. Untuk mendapatkan umur yang panjang, tentu saja seseorang harus memiliki pola hidup sehat.

Salah satunya rajin konsumsi makanan bernutrisi dan mengurangi konsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan. Di dunia ini, ahli gizi merekomendasikan lima diet terbaik untuk mendapatkan umur panjang.

Diet ini bukanlah sesuatu yang instan, melainkan pola makan yang dirancang untuk dijalani dalam waktu lama guna mendapat manfaat maksimal. Kuncinya ada pada konsumsi makanan nabati.

Seperti apa aturan lainnya? Women's World (23/7) merangkum informasi soal 5 diet terbaik untuk panjang umur berikut:

1. Diet Mediterania

Diet terbaik untuk panjang umur ini memang terkenal sebagai salah satu pola diet tersehat. Diet Mediterania mencontoh pola makan orang-orang yang tinggal di wilayah teluk Mediterania seperti Italia, Spanyol, dan Yunani. Fokusnya adalah konsumsi makanan nabati.

Diet Mediterania juga mengharuskan pelakunya konsumsi minyak/lemak sehat, sedikit ikan, produk susu, dan daging rendah lemak. Penduduk di wilayah Mediterania terkenal panjang umur. Penelitian membuktikan angka penyakit jantung di sana juga sangat rendah.

Hal ini karena kombinasi konsumsi kacang-kacangan, bijian utuh, dan asam lemak omega 3 yang didapat dari diet Mediterania. Pola diet ini juga disebut-sebut tinggi antioksidan sehingga bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan yang disebabkan polusi udara. Dengan kata lain, diet Mediterania juga bisa membuat seseorang awet muda. Kalau tertarik menjalaninya, berikut panduan diet Mediterania.

Baca Juga: Mau Jalani Diet Mediterania? Kenali Dulu 7 Konsep Dasarnya

2. Diet Blue Zone

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetableFoto: iStock

Diet blue zone disebut-sebut bisa membuat pelakunya mencapai 100 tahun. Diet ini mengadopsi pola makan orang-orang di lima wilayah yang terkenal dengan sebutan Blue Zone. Kelimanya adalah Okinawa-Jepang, Sardinia-Italia, Nicoya-Kosta Rika, Ikaria-Yunani, dan Loma Linda-California.

Adalah peneliti Dan Buettner yang mempelajari pola hidup masyarakat di Blue Zone. Mereka mengonsumsi kebanyakan makanan nabati dan membatasi asupan garam, gula, dan makanan olahan.

"Pola makan dasar dari diet ini termasuk makan satu cup kacang-kacangan per hari, makan ikan salmon liar atau ikan lebih kecil seperti sarden sampai tiga kali seminggu, makan daging dalam porsi kecil dua kali seminggu, menghindari produk olahan susu kecuali telur, memilih roti gandum utuh, dan banyak minum air," kata ahli gizi Erin Palinski-Wade.

Baca Juga: Diet Blue Zone, Pola Makan yang Bikin Sehat dan Panjang Umur

3. Diet Okinawa

Diet terbaik untuk panjang umur ini begitu terkenal. Namanya diet Okinawa yang berasal dari wilayah Okinawa, Jepang. Di sana rata-rata umur harapan hidup wanita mencapai 89 tahun. Hal ini dibuktikan melalui penelitian.

Rahasia pola makannya ada pada konsumsi banyak sayuran hijau dan sayuran berwarna kuning, termasuk kedelai, tofu, dan goya. Tak ketinggalan konsumsi ubi manis dan mengurangi asupan lemak, garam, gula tambahan, dan makanan berkalori lain.

Penelitian tahun 2009 yang dimuat dalam Journal of the American College of Nutrition menemukan bahwa diet Okinawa tradisional berkontribusi pada angka penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit kronis lainnya yang rendah.

Masyarakat Okinawa juga memraktikkan kebiasaan bernama hara hachi bu dimana mereka makan hanya sampai 80% kenyang. Seperti ini penjelasannya.

Baca Juga: Hara Hachi Bu, Pola Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur dan Langsing

4. Diet California

Selain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat TempeFoto: iStock

Diet California dikenal juga dengan nama diet Sonoma yang mengacu pada pola makan orang-orang di pesisir California. Pola diet ini sesungguhnya terinspirasi dari diet Mediterania namun dibagi dalam tiga gelombang.

Gelombang pertama fokus pada pengurangan asupan gula tambahan dan tepung, juga konsumsi beberapa makanan spesifik. Misalnya sarapan dengan 25% biji-bijian dan 75% protein yang disajikan di piring berdiameter 45 cm.

Gelombang kedua fokus pada penurunan berat badan dengan perlahan, dan gelombang ketiga adalah fase pemeliharaan berat badan. Makanan andalan diet California ini adalah ragam buah dan sayur, kacang-kacangan, bijian, dan minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari.

5. Diet Sardinian

Masih dari wilayah Blue Zone, diet Sardinian juga termasuk diet terbaik untuk panjang umur. Orang-orang di sana bisa mencapai umur 100.

Diet Sardinian fokus pada asupan barley, susu kambing, adas, tomat, kacang fava, dan almond. Semuanya membuat tubuh lebih sehat meski sudah memasuki usia lanjut.

Banyak penelitian sudah membuktikan manfaat konsumsi makanan yang disebut dalam diet Sardinian. Kacang fava, misalnya, tinggi serat dan protein, begitupun dengan almond. Konsumsinya baik untuk menyehatkan jantung. Lalu ada adas yang mampu menurunkan kolesterol.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com