Minum Kopi Perkecil Risiko Terpapar Covid-19, Ini Cara Minum Kopi yang Tepat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 07:00 WIB
Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya Foto: iStock

2. Jumlah maksimal minum kopi dalam sehari

Segala sesuatu yang berlebihan tidak bagus, termasuk dalam hal minum kopi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap maksimal minum 6 cangkir kopi setiap hari.

Jika lebih, dampak negatif akan terlihat untuk kesehatan, bahkan risiko penyakit kardiovaskular bertambah 22%. Dr Ang Zhou dan Elina Hypponen, peneliti di Pusat Kesehatan Presisi Australia, meneliti hubungan antara konsumsi kopi berlebih dengan penyakit jantung. Ternyata minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Sementara itu, peneliti lain menemukan minum 4 cangkir kopi per hari adalah batas maksimal. Hal ini lantaran jumlah kafein yang disarankan per hari adalah tidak lebih dari 400 mg. Jika dikonversikan, 400 mg kafein setara sekitar 4 cangkir kopi masing-masing 230 ml.

Baca Juga: Ini Efeknya Kalau Minum 4 Cangkir Kopi Tiap hari

3. Tidak minum kopi dalam kondisi perut kosong

Catat! 12 Orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tidak Minum KopiFoto: Getty Images/pitchwayz

Meski kopi jamak dinikmati di pagi hari, namun usahakan ketika meminumnya perutmu tidak dalam kondisi kosong. Sebab minum kopi saat perut kosong berbahaya bagi kesehatan.

Salah satunya memicu kenaikan asam lambung. Asam lambung bersifat korosif dan bisa merusak lambung jika didiamkan tanpa isi apapun, apalagi ditambah dengan kopi. Gula darah juga mungkin melonjak karena kebiasaan ini.

Baca Juga: 5 Bahaya Minum Kopi Sebelum Sarapan Saat Perut Kosong

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com