Setelah Vaksin Demam dan Letih? Konsumsilah 5 Makanan Ini

Riska Fitria - detikFood Senin, 19 Jul 2021 10:30 WIB
Setelah Vaksin Demam dan Letih? Konsumsilah 5 Makanan Ini Foto: iStock
Jakarta -

Vaksin COVID-19 membawa beberapa efek samping mulai dari lelah, demam dan kelaparan. Untuk mengurangi efek sampingnya, kamu perlu mengasup makanan sehat ini.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kini seluruh masyarakat di dunia tengah menjalani vaksin. Itu dilakukan agar sistem imun dapat mengenal virus dan dengan cepat melawan virus tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa setelah vaksin seseorang akan merasakan beberapa efek samping. Mulai dari sakit kepala, lapar, lelah, ngantuk, nyeri hingga demam. Biasanya efek samping itu berlangsung maksimal 2-3 hari.

Kondisi tersebut bisa jadi mengganggu rutinitas harian. Nah, untuk meminimalisir efek samping vaksin, yang perlu dilakukan adalah menambah asupan penting dan bernutrisi ke dalam tubuh.

Berikut 5 makanan sehat yang dapat mengurangi efek samping vaksin:

1. Kunyit

turmeric powder in wood spoon on black table, spices and herb conceptSetelah Vaksin Demam dan Letih? Konsumsilah 5 Makanan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/kwanchaichaiudom

Kunyit memang dikenal sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan. Namun, di dalam kandungan kunyit terdapat sifat anti-bakteri, anti-virus, ant8-inflamasi, analgesik dan anti-jamu.

Tumbuhan rimpang yang satu ini dapat secara signifikan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan tersebut adalah kurkuminoid dan minyak esensial terutama yang disebut monoterpen.

Senyawa itulah adalah konstituen bioaktif utama kunyit yang bertindak sebagai agen terapeutik untuk kesehatan tubuh, seperti yang dikutip dari Times of India (04/07).

Baca Juga: Vaksin Covid-19, Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudahnya

2. Jahe

Setelah Vaksin Demam dan Letih? Konsumsilah 5 Makanan IniSetelah Vaksin Demam dan Letih? Konsumsilah 5 Makanan Ini Foto: iStock

Selain kunyit, tumbuhan rimpang lainnya seperti jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi efek samping vaksin. Jahe dikenal sebagai rempah yang merupakan sumber antioksidan.

Jahe sepenuhnya dikemas dengan asam amino dan enzim vital. Kandungan tersebut berperan secara signifikan untuk mengurangi peradangan sekaligus menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Kamu dapat meracik jahe menjadi minuman hangat. Misalnya menjadinya wedang jahe ataumencampurkannya ke dalam teh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com