Hindari Konsumsi Makanan Ini Sebelum Vaksinasi COVID-19

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 11 Mar 2021 06:40 WIB
Woman staring at chocolate cake Foto: iStock
Jakarta -

Sebelum menjalani vaksinasi COVID-19, perlu menjaga asupan makanan agar tubuh dalam kondisi prima. Apa saja makanan yang perlu dihindari?

Karena itu sebelum mendapatkan vaksinasi COVID-19 dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan asupan yang bergizi. Oleh karena itu,perlu untuk menerapkan pola makan sehat serta menghindari makanan tertentu yang dapat menurunkan kesehatan tubuh.

Dokter spesialis gizi klinis Cindiwaty Josito Pudjiadi mengatakan bahwa tubuh membutuhkan asupan protein dan lemak sehat, juga vitamin dan mineral.

"Hindari atau batasi makanan yang digoreng-goreng atau makanan yang mengandung lemak jenuh," katanya, dikutip dari Antara.

Berdasarkan sejumlah penelitian, makanan seperti itu dinilai bisa menurunkan daya tahan tubuh dan bersifat lebih inflamasi.
Cindiwaty juga menyarankan untuk mengurangi asupan makanan atau minuman yang punya kadar gula tinggi.

Makanan tinggi gula mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi karena kamu akan lebih banyak memilih makanan yang tinggi glukosa dibandingkan makanan yang mengandung vitamin, mineral, protein dan serat.

gorengan umbi populerHindari Konsumsi Makanan Ini Sebelum Vaksinasi COVID-19. Foto: Istimewa

Selain itu, mengonsumsi gula berlebih juga dapat menekan sistem imunitas.

Dikutip dari CNN Indonesia (10/3) Kementerian Kesehatan RI sudah memberikan batasan konsumsi gula yang disarankan per orang per hari adalah tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan).

Konsumsi minyak maupun makanan sumber lemak secara berlebih dapat pula menekan sistem imunitas dan mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit.

Mengonsumsi makanan sumber lemak berlebih bahkan dapat menimbulkan risiko berbagai penyakit berbahaya, karena sel lemak yang berlebih dapat memicu pelepasan zat kimia yang berakibat pada peradangan kronis dan akhirnya merusak jaringan-jaringan sehat.

Batas konsumsi lemak yang disarankan Kementerian Kesehatan RI adalah hanya 67 gram (5 sendok makan minyak) per orang per hari.

Di samping itu, Cindiwaty juga mengingatkan agar asupan gizi dan nutrisi untuk tubuh haruslah seimbang. Aapalagi menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi merupakan salah satu hak penting

Kementerian Kesehatan juga menerbitkan panduan "Isi Piringku" yang diharapkan bisa membantu mencegah kelebihan berat badan hingga obesitas.

"Isi Piringku" ini berarti membagi 1/3 (sepertiga) dari setengah piring untuk lauk pauk, 1/3 dari setengah piring buah, 2/3 dari setengah piring sayuran dan 2/3 dari setengah piring makanan pokok.



Simak Video "Pelonggaran Kebijakan Dine In Diharapkan Dorong Program Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com