Benarkah Makan Jeruk Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 07 Mar 2021 06:00 WIB
Benarkah Makan Jeruk Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh? Foto: Getty Images/iStockphoto/bfk92
Jakarta -

Vitamin C dan kandungan nutrisi lainnya yang tinggi dalam jeruk membuat buah ini disebut bisa tingkatkan imunitas tubuh. Benarkah? Simak penjelasan berikut ini.

Buah-buahan mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat diperlukan untuk tubuh. Konsumsinya sangat penting, apalagi di tengah pandemi Covid-19 dimana nutrisi dan vitamin menjadi hal yang sangat krusial untuk dipenuhi.

Salah satu yang utama adalah vitamin C untuk menjaga imunitas tubuh di tengah musim penyakit saat ini. Konsumsinya bisa didapat dari beragam bahan makanan seperti jeruk yang terkenal kaya vitamin C.

Jeruk bahkan disebut sebagai sumber vitamin C teratas dan konsumsinya mampu memenuhi 70-100% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan. Jeruk juga mengandung segudang nutrisi lain yang membuatnya tak sekadar bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Dilansir melalui Real Simple (1/3), jeruk memiliki beberapa manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Mencegah Penyakit dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Benarkah Makan Jeruk Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh?Benarkah Makan Jeruk Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh? Foto: Getty Images/iStockphoto/bfk92

Lebih dari sekadar vitamin C, jeruk dikatakan sebagai sumber serat, folat dan antioksidan yang sangat baik.

Kandungan nutrisi yang ada dalam jeruk bahkan dikatakan mampu membuat tubuh sehat. Nutrisi yang ada pada jeruk juga dikatakan membantu meningkatkan sistem imun dan mencegah permasalahan pada kesehatan secara keseluruhan.

2. Baik untuk Kulit dan Pertumbuhan Sel

Jeruk memiliki kemampuan untuk membantu pembaruan sel tubuh baik dari luar maupun dalam. Hal ini disebabkan oleh kandungan folat dan vitamin C yang begitu tinggi.

"Folat meningkatkan pertumbuhan sel dan kehamilan yang sehat, vitamin C membantu memproduksi kolagen yang membantu perbaikan, menguatkan kulit dan membantu kulit tampak lebih muda dan bercahaya," kata ahli gizi Frances Largeman-Roth.

Baca Juga: Cara Memilih Jeruk yang Manis Segar Untuk Bayi

3. Multifungsi

Benarkah Makan Jeruk Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh?Benarkah Makan Jeruk Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh? Foto: Getty Images/iStockphoto/bfk92

Karena kandungannya yang sangat baik, jeruk dianggap sebagai buah yang sangat multifungsi. Jeruk menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan.

"Setiap bagian dari jeruk bisa diaplikasikan untuk mencoba berbagai masakan hingga perawatan kulit yang bisa dibuat sendiri dan pembersih alami," kata Largeman-Roth.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Jantung Sehat, Buat Manisan dari Terong Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com