Cara Mencegah Virus Corona dengan Makanan untuk Tingkatkan Sistem Imun

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 30 Jan 2021 05:00 WIB
Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Pakai Air Foto: TikTok @riasmin22 , iStock
Jakarta -

Cara mencegah virus Corona tidak hanya dapat dilakukan dengan perilaku hidup bersih tetapi juga bisa didapatkan dari makanan sehat. Makanan sehat dengan gizi seimbang diperlukan agar sistem imunitas tubuh tetap terjaga.

Hingga saat ini angka kasus infeksi virus Corona atau Covid-19 semakin tinggi. Tentunya selain tetap harus menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan. Kita juga wajib mengonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat akan membuat tubuh kita semakin kuat dan tentunya terhindar dari virus Corona.

Berikut ini makanan dan minuman yang bisa jadi cara mencegah virus Corona:

1. Telur

Telur jadi salah satu makanan yang tinggi protein. Telur dapat membangun dan memperbaiki jaringan tubuh dan dapat membantu melawan infeksi virus serta bakteri. Untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh seperti antibodi sangat bergantung pada protein.

Telur bisa dinikmati dengan cara direbus ataupun diolah menjadi campuran sayuran. Telur juga mengandung vitamin D dan omega-3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Madu

Madu menjadi salah satu ramuan yang sejak dulu dipercaya dapat membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu mengandung antibakteri dan antiinflamasi meskipun kandungan gulanya tinggi.

Selain itu, madu juga mengandung vitamin dan mineral sehingga dapat memberikan energi lebih bagi tubuh dan menguatkan imunitas. Madu bisa dikonsumsi dengan teh hangat atau air lemon.

Ini Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin GendutIni Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin Gendut Foto: Getty Images/MonicaNinker

3. Yogurt

Yogurt bisa menjadi sumber vitamin D yang baik. Vitamin D dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

4. Jahe

Cara mencegah virus corona salah satunya adalah bisa dengan mengonsumsi jahe. Jahe menjadi bahan yang sering diolah menjadi minuman sehat dan meningkatkan sistem imun.

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat mengurangi sakit tenggorokan dan nyeri sendi. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan sistem imun.

Seduh Kopi Bersama Kunyit Agar Jadi Minuman Tinggi AntioksidanSeduh Kopi Bersama Kunyit Agar Jadi Minuman Tinggi Antioksidan Foto: Getty Images/iStockphoto/Almaje

5. Kunyit

Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti inflamasi dalam mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Kandungan kurkumin yang tinggi dapat memberi warna khas pada kunyit yang mampu membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

Kunyit juga berguna sebagai antivirus, anti jamur dan anti bakteri serta menjadi prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus kita. Tubuh pun dapat meningkatkan sistem imun sehingga terhindar dari virus Corona.



Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com