Ini Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Melawan Covid-19

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 17 Jan 2021 04:55 WIB
Beautiful lovely nice charming cheerful mom and her small little daughter in casual, holding, showing each other grapefruits, healthy natural orange fresh juice on table in light kitchen Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta -

Vitamin untuk daya tahan tubuh bisa didapatkan melalui suplemen dan makanan alami.

Menurut Associate Professor Department of Dietetics & Nutrition, Stempel College Florida International University, Cristina Palacios, suplemen dan makanan yang kaya vitamin dan mineral tertentu sangatlah penting.

"Kita yang memiliki status gizi lebih baik dapat melawan penyakit ini lebih baik daripada yang lain," kata Palacios.

"Kami terus menerus memiliki patogen seperti virus dan bakteri, masuk ke dalam tubuh kami. Jika sistem kekebalan kami bekerja dengan sangat baik, kami tidak terinfeksi," jelasnya dalam FIU News.

Palacios menambahkan, "Secara umum, nutrisi mempengaruhi seluruh tubuh kita. Semua proses tubuh membutuhkan enzim dan banyak vitamin dan mineral membantu enzim bekerja lebih baik. Ada pepatah yang mengatakan, 'Kami adalah apa yang kami makan.' Itu benar. Jika Anda ingin sehat, Anda harus mengonsumsi nutrisi tertentu."

Jadi, bagaimana kita menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat? Ini dua vitamin dan mineral yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. Vitamin C

Vitamin ini telah dikenal dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan leukosit, sejenis sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Ini sangat penting selama pandemi.

Selain suplemen, vitamin C juga bisa didapatkan dari makanan. Makanan ini termasuk jus jeruk dan buah-buahan seperti stroberi, tomat hingga cranberry.

2. Vitamin D

Vitamin D yang paling mudah didapatkan adalah melalui matahari. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan risiko yang lebih besar mengembangkan kondisi pernapasan pada orang dewasa dan anak-anak.

Faktanya, penelitian telah mulai menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi terinfeksi virus Covid-19.

Palacios merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi suplemen vitamin D3 1000 IU satu atau dua kali sehari, dikonsumsi setelah makan.

Vitamin D secara alami juga bisa didapatkan dari ikan hingga telur.

3. Zat besi

Zat besi sangat penting untuk perkembangan normal dan fungsi sel yang memediasi bagian dari sistem kekebalan tubuh. Peningkatan konsentrasi zat besi disebut dapat menghambat replikasi virus seperti virus polio dan SARS-coronavirus.

Zat besi alami juga bisa jadi vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus. Zat besi terkandung dalam hati ayam, telur hingga sayur bayam.





Simak Video "Gorengan Sehat? #ApasihYangGaBisa "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com