7 Makanan dan Minuman Penangkal Virus Corona, Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 16:00 WIB
Madu Clover Honey, Nutrisi hingga Manfaat Sehatnya Foto: Getty Images/iStockphoto/amriphoto
Jakarta -

Makanan dan minuman penangkal virus corona bisa membantu tubuh jaga imunitas. Karena menjaga sistem imun dengan konsumsi makanan dan minuman sehat bisa jadi salah satu cara mencegah virus Covid-19.

Jumlah kasus Covid-19 di dunia masih belum menunjukkan penurunan. Pagi tadi, total yang terinfeksi sebesar lebih dari 91 juta jiwa di dunia, 1 juta lebih di antaranya meninggal dan sembuh 65 juta jiwa.

Berbagai tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker telah dilakukan untuk menurunkan risiko terpapar virus tersebut. Namun sistm daya tahan tubuh yang kuat juga perlu disiapkan agar tubuh dapat terhindar dari virus Covid-19.

Mengonsumsi vitamin dan mengatur pola makan sehat dapat membantu meningkatkan sistem imunitas. Berikut makanan dan minuman penangkal virus corona:

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu bahan yang sering diolah menjadi minuman sehat. Jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang sendi. Selain bisa menjaga daya tahan tubuh, jahe juga dapat mengurangi rasa sakit kronis dan menurunkan kolesterol.

2. Kunyit

Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti inflamasi dalam mengobati esteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Kandungan kurkumin yang tinggi dapat memberi warna khas pada kunyit yang mampu membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

Kunyit juga berguna sebagai antivirus, anti jamur dan anti bakteri serta menjadi prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus kita.

Resep Ikan Dori Goreng KrispiResep Ikan Dori Goreng Krispi Foto: iStock

3. Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan penangkal virus corona. Ikan sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa. Kandungan protein serta omega-3 dalam ikan dapat membantu mencegah berbagai penyakit di kemudian hari, termasuk mencegah virus corona.

Protein yang ada di dalam ikan juga bisa mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan digantikan dengan yang baru.

4. Telur

Dikutip dalam WebMD, protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh dan membantu lawan infeksi virus dan juga bakteri. Pembangkit sistem kekebalan tubuh seperti antibodi dan sel bergantung pada protein.

Telur mengandung tinggi protein yang dapat membantu meningkatkan sistem imun. Telur juga mengandung vitamin D dan juga omega-3 yang sangat baik untuk tubuh.

5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan Foto: iStock

5. Alpukat

Buah alpukat juga menjadi makanan penangkal virus corona yang bisa dinikmati setiap hari. Dilansir dalam Ciston PR Newswire, sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Nutrients dari Illinois Institute of Technlology, Amerika. Dijelaskan bahwa orang yang rajin mengonsumsi alpukat segar dapat membantu menyehatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko terserang stroke hingga serangan jantung.

Alpukat juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan menunjang proteksi sistem imunitas tubuh agar terhindar dari virus corona.

6. Yogurt

Yogurt bisa menjadi sumber vitamin D yang baik. Vitamin D dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

7. Madu

Madu merupakan salah satu makanan penangkal virus corona. Madu juga bisa menjadi penguat imunitas yang mengandung vitamin dan mineral yang bisa memberikan energi lebih pada tubuh. Madu bisa dikonsumsi menjadi minuman dengan menambahkannya teh ataupun jeruk nipis.





Simak Video "Takut Kena Corona, Warga Banyumas Ini 'Lockdown' Rumahnya Pakai Seng"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com