Khasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan Jantung

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 23 Des 2020 06:00 WIB
Khasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Teh hijau punya banyak kandungan nutrisi menyehatkan. Berbagai kandungan antioksidannya bisa cegah virus Corona hingga menyehatkan jantung.

Pada kepercayaan tradisional China, teh banyak digunakan sebagai pengobatan herbal tradisional untuk berbagai macam penyakit. Teh bisa menjadi pilihan minuman sehat untuk konsumsi rutin baik hangat atau dingin.

Teh punya banyak jenis, salah satunya teh hijau. Teh hijau berasal dari tanaman Camellia Sinensis yang mengandung banyak antioksidan, polifenol, kafein, dan beberapa mineral baik lainnya.

Dibandingkan teh jenis lain, teh hijau menjadi teh yang diproses dengan sederhana. Tanpa melalui tahap fermentasi membuat kandungan nutrisinya tetap awet.

Antioksidan dan Katekin Menangkal Virus Corona

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Proses detoks ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mengeluarkan racun-racun salah satunya virus yang dapat mengganggu tubuh.

Polifenol yang ada dalam teh hijau juga memiliki fungsi dapat membunuh virus dengan baik. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Jepang mengatakan bahwa rutin minum teh bisa meminimalisir infeksi virus corona.

Kandungan katekin dalam teh menjadi senyawa yang sangat baik untuk melawan virus corona. Menurut Nara Medical University, senyawa katekin dapat melapisi duri pada permukaan virus corona dan membuatnya sulit untuk mengikat pada sel tubuh manusia.

Ketika virus corona kesulitan mengikat pada sel-sel manusia, maka virus corona tersebut akan kesulitan untuk menginfeksi tubuh manusia. Virus yang belum menempel dengan baik pada sel-sel tubuh akan mudah untuk dikalahkan oleh imunitas tubuh sehingga tidak terjadi infeksi yang parah.

Teh hijau ini juga cocok untuk diminum secara rutin pada berbagai waktu dan kesempatan. Pagi hari, sore ataupun sebagai penghangat pada cuaca dingin.

Selain memperlambat dan mencegah infeksi virus corona, berikut ini beberapa manfaat lain dari teh hijau yang dikutip melalui Green Matters (16/12):

1. Mengandung banyak nutrisi baik

Khasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan JantungKhasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang tinggi dan terbukti ampuh untuk beri manfaat pada tubuh. Merujuk peneliti China, polifenol terbukti dapat membantu meredakan inflamasi dan mencegah kanker.

Baca Juga: Peneliti Jepang Klaim Ungkap Dua Jenis Teh Penangkal Covid-19

Polifenol dalam kandungan teh hijau sama dengan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Salah satunya radikal bebas dari molekul kecil virus corona yang tengah mewabah akhir-akhir ini.

Indikasi penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang dapat menekan tumbuhnya bakteri pada mulut dan pernapasan. Kandungan tersebut akan dapat membantu menjaga kesehatan pernapasan dari bakteri dan virus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Martabak Burger dari Kulit Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com