Vaksin Covid-19, Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudahnya

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 08:00 WIB
Doctor in personal protective suit or PPE inject vaccine shot to stimulating immunity of woman patient at risk of coronavirus infection. Coronavirus,covid-19 and vaccination concept. Foto: iStock
Jakarta -

Konsumsi makanan sehat sebelum dan setelah vaksin penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Berikut lima pola makan yang dianjurkan sebelum dan sesudah vaksin Covid-19.

Vaksin Covid-19 tengah gencar dilakukan untuk menciptakan herd immunity yang diharapkan pemerintah. Tetapi vaksin bukan berarti akan membuat tubuh tidak akan terserang coronavirus.

Setelah vaksin sekalipun, menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan harus terus dijalankan agar tubuh terjauh dari virus. Pola hidup sehat juga sangat menentukan efek vaksin yang diterima serta gejala yang timbul setelah mendapatkan vaksin.

Dr. Leong Moh Ying selaku direktur medis dari klinik B&Co. selalu menekankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup yang seimbang serta pola makan sehat. Cukup makan makanan bernutrisi dan minum banyak air mineral menjadi pola makan sederhana yang selalu disarankan oleh banyak ahli sekalipun.

Berikut ini 5 pola makan yang disarankan sebelum dan sesudah vaksin Covid-19:

Minyak zaitunFoto: iStock

1. Konsumsi Makanan yang Bersifat Antiinflamasi

Merasa mual setelah mendapatkan vaksin merupakan hal yang wajar karena tubuh tengah bekerja menyiapkan imunitas yang lebih kuat. Makan makanan yang memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi dikaitkan dengan penurunan efek samping yang kurang nyaman.

"Salah satu tanda tubuh tengah berfungsi adalah dengan mengalami inflamasi akut dengan gejala-gejala yang sangat tidak nyaman, baik nyeri maupun demam," kata Dr. Long Moh Ying.

Sifat antiinflamasi yang ada pada makanan dikatakan dapat membantu tubuh kembali netral dari radikal bebas yang masuk. Makanan yang bersifat antiinflamasi misalnya minyak zaitun, minyak ikan, kacang-kacangan, rempah seperti jahe, kunyit dan lainnya, sayuran hijau serta masih banyak makanan lainnya.

Baca juga: Daftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut Dokter

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com