Daftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut Dokter

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 02 Mei 2021 14:00 WIB
Daftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut Dokter Foto: iStock
Jakarta -

Setelah menerima vaksin COVID-19, memerhatikan asupan makanan menjadi hal yang utama. Berikut ini makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dan yang harus dihindari menurut para dokter.

Setelah menerima vaksin, tubuh tidak berarti akan kebal terhadap virus. Vaksin COVID-19 hanya berfungsi untuk memberikan perlindungan lebih pada tubuh, tetapi tidak menangkal virus sepenuhnya.

Untuk membuat vaksin bekerja lebih efektif, kondisi tubuh harus selalu diperhatikan. Hal ini termasuk pola makan yang sangat berpengaruh pada pemenuhan nutrisi tubuh dan keefektifan kerja vaksin pada tubuh.

Para dokter menyarankan beberapa makanan tinggi nutrisi yang direkomendasikan untuk sering dikonsumsi. Tak hanya yang disarankan, ternyata beberapa makanan juga perlu dikurangi atau bahkan dihindari agar tak mengganggu keefektifan vaksin.

Berikut ini 6 makanan sebelum vaksin dan makanan setelah vaksin yang bagus dikonsumsi menurut dokter, seperti dikutip dari Livestrong (26/4):

Daftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut DokterDaftar Makanan Sebelum Vaksin dan Setelah Vaksin yang Bagus Dikonsumsi Menurut Dokter Foto: iStock

1. Sayur dan Buah

Kandungan nutrisi yang ada pada sayur dan buah dapat membantu menguatkan imunitas dan membuat tubuh lebih kuat untuk melawan penyakit. Terutama pada buah dan sayur yang kaya akan vitamin C akan membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah untuk mencegah infeksi dan penyakit yang mungkin timbul setelah vaksinasi.

Dr. Sonpal, selaku ahli gastroenterologi, menyarankan kepada orang-orang yang sudah menerima vaksin untuk rutin mengonsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin C seperti jeruk, lemon atau bahkan paprika merah. Ia juga mengatakan bahwa sebisa mungkin konsumsi bayang sayuran hijau seperti brokoli dan bayam yang tinggi akan antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh.

2. Kacang-Kacangan

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi kacang-kacangan secara rutin dikaitkan dengan penurunan risiko inflamasi pada tubuh. Dr. Sonpal juga mengatakan bahwa kacang-kacangan menjadi sumber vitamin dan mineral yang untuk membantu kesehatan imunitas dan jantung yang kuat.

Secara spesifik, Dr. Sonpal menyarankan tiga jenis kacang, yaitu almond, mete dan walnut. Jika digabungkan ketiganya akan memberikan efek yang sangat luar biasa, yaitu menjaga efisiensi imunitas, mencegah inflamasi serta menangkal dan meminimalisir paparan radikal bebas yang mengganggu tubuh.

Baca juga: Tips Sebelum Suntik Vaksin Corona: Makan Sayuran dan Buah Segar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com