7 Jus Peningkat Imun yang Enak, Cocok Buat Lawan Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 17 Jul 2021 05:00 WIB
Manfaat Jus Jeruk Foto: iStock
Jakarta -

Jus peningkat imun ini penuh vitamin C dan nutrisi baik lainnya. Konsumsinya penting di tengah pandemi untuk melawan Covid-19.

Berbagai makanan dan minuman peningkat imun banyak dicari selama pandemi Covid-19. Pasalnya kondisi imun yang kuat merupakan pertahanan tubuh dari paparan berbagai bakteri dan virus, termasuk Corona.

Selain makanan tinggi protein, imun bisa ditingkatkan dengan konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral. Nutrisi ini penting untuk membuat tubuh tetap berenergi sehingga sistem imun selalu aktif.

Ada beberapa buah yang terkenal bagus untuk meningkatkan imun. Rasanya juga enak sehingga ketika digabungkan bisa menjadi segelas jus dan smoothies nikmat.

Ada jeruk, apel, wortel, stroberi, hingga semangka yang bisa kamu racik sebagai jus peningkat imun. Healthline mengungkap resep dan nutrisi jus peningkat imun sebagai berikut:

1. Jus jeruk, lemon, dan jeruk nipis

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk meningkatkan imunitas. Salah satu sumber terbaik vitamin C ada pada jeruk. Kamu bisa membuat jus dari beragam jenis jeruk untuk mendapat manfaat maksimal.

Misalnya campuran jeruk mandarin, jeruk navel, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis. Boleh ditambahkan pemanis alami seperti madu. Meminum segelas jus ini bisa memberikan tubuh kamu asupan vitamin dan mineral lain termasuk vitamin A, B6, B9, potassium, dan zinc.

2. Jus apel, wortel, dan jeruk

jus wortelFoto: Getty Images/iStockphoto/iloliloli

Untuk penyuka rasa segar, jus peningkat imun ini bisa kamu konsumsi rutin. Gabungan nutrisi apel, wortel, dan jeruk bagus untuk melindungi kesehatan tubuh dan melawan infeksi. Vitamin C terdapat pada apel dan jeruk, sementara vitamin A ada pada wortel dalam bentuk antioksidan betakaroten.

Wortel juga mengandung vitamin B6 yang punya peranan penting dalam produksi antibodi dan profilerasi sel imun. Bonus lainnya, kamu akan mendapat kulit glowing dari rutin mengonsusmi jus ini. Kalau mau tambahan khasiat, campurkan juga jahe atau lemon ke dalam campuran jus.

3. Jus bit, wortel, jahe, dan apel

Buah bit terkenal dengan khasiatnya menambah darah. Selain itu konsumsi buah bit bantu meningkatkan sistem imun dan mengurangi berbagai gejala inflamasi.

Inflamasi sering dikatakan sebagai respons imun dalam melawan infeksi dari virus atau bakteri. Misalnya gejala batuk, sakit badan, dan pilek pada penyakit flu. Mengonsumsi jus bit makin berkhasiat dengan campuran wortel, jahe, dan apel. Nutrisinya antara lain potassium, vitamin A, B6, B9 , dan C.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLife
×
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online Selengkapnya