5 Buah yang Mengandung Vitamin E Ini Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Devi Setya - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 11:30 WIB
healthy fresh mixed fruits on white wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/SherSor
Jakarta -

Vitamin E tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Karenanya, penting mengasup makanan yang mengandung vitamin E agar bisa melindungi sel dalam tubuh serta menjaga kesehatan jantung.

Banyak jenis buah yang bukan hanya punya rasa segar, tapi juga kaya nutrisi. Beragam vitamin dalam buah juga berperan menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C, D, A hingga vitamin E terkandung secara alami dalam buah-buahan.

Sama pentingnya dengan vitamin C, tubuh juga memerlukan vitamin E. Dilansir dari Medical News Today (13/7) vitamin E termasuk jenis antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas bisa masuk ke dalam tubuh karena banyak faktor, termasuk diantaranya faktor lingkungan seperti polusi, sinar matahari berlebih, atau asap. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang merupakan proses pemicu kerusakan sel dan penuaan dini.

Salah satu cara menangkal radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan adalah memenuhi kebutuhan vitamin E harian. Rata-rata orang dewasa setidaknya membutuhkan 15 mg vitamin E setiap hari.

Vitamin E bisa diperoleh dengan mengasup suplemen, tapi kamu juga bisa mengandalkan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin E.

Berikut beberapa buah yang kaya akan kandungan vitamin E:

1. Alpukat

Dalam setengah buah alpukat matang terkandung lebih dari 2 mg vitamin E. Dengan demikian kamu bisa menyantap alpukat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin E.

Tak hanya itu, alpukat juga memberikan bonus nutrisi tambahan berupa potasium, protein, serta asam amino. Bagi ibu hamil, asam amino terbilang sangat penting karena berpengaruh langsung pada proses tumbuh kembang janin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Whole Chicken Pakai Bakso Goreng Renyah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com