Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHO

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 14:00 WIB
Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHO Foto: Getty Images/iStockphoto/kerdkanno
Jakarta -

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makanan yang harus dikonsumsi saat pandemi Covid-19. Nutrisinya bagus untuk menguatkan imunitas tubuh.

Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai menuntut setiap orang tetap sehat dan bugar agar tidak terpapar virus Corona. Kunci utamanya ada pada pola makan sehat.

Dengan memastikan tubuh mengasup nutrisi penting dan seimbang, berbagai serangan virus pun bisa dicegah. Nutrisi ini terdapat pada makanan sehat, utuh, dan minim olahan.

Nutrisi yang dimaksud antara lain vitamin, mineral, serat harian, protein, dan antioksidan. Kamu juga perlu mengimbangi dengan asupan air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi.

WHO mengungkap makanan yang harus dikonsumsi saat pandemi Covid-19 oleh orang dewasa. Berikut daftarnya seperti dikutip dari situs resmi WHO:

1. Makanan segar dan alami

Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHODaftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHO Foto: Getty Images/iStockphoto/kerdkanno

Pola makan sehat sangat bergantung pada konsumsi makanan segar dan alami. Di dalamnya termasuk buah, sayur, kacang-kacangan, bijian utuh, dan sumber protein seperti ikan, telur, susu, dan daging sapi.

Setiap hari kamu perlu mengonsumsi 473 gram (2 cup) buah, 590 gram (2.5 cup) sayuran, 180 gram bijian, dan 160 gram protein hewani atau nabati. Untuk daging sapi disarankan konsumsinya 1-2 kali seminggu dan daging ayam 2-3 kali seminggu.

Untuk camilan, konsumsilah salad sayuran segar atau buah potong. Hindari makanan kemasan yang tinggi gula, lemak, atau garam. Pastikan tidak mengolah buah atau sayur terlalu banyak untuk meminimalisir hilangnya kandungan vitamin.

Saat mengonsumsi buah /sayur kalengan, beku, atau yang sudah dikeringkan, pilih produk yang sehat. Hindari produk yang diberi tambahan garam atau gula.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com