7 Makanan Jepang yang Sehat Ini Bagus untuk Perkuat Imun Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Jul 2021 16:00 WIB
Chicken soup in ceramic bowl. Foto: iStock
Jakarta -

Makanan Jepang yang sehat ini bisa kamu konsumsi untuk perkuat imun tubuh. Rasanya enak dan memiliki banyak nutrisi penting lainnya.

Orang Jepang terkenal dengan pola hidupnya yang sehat, termasuk dalam urusan makanan. Banyak makanan tradisional Jepang tinggi kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan bahkan bakteri baik yang menyehatkan pencernaan.

Konsumsi makanan Jepang yang sehat ini bantu menjaga kesehatan secara menyeluruh dan memperkuat imunitas tubuh. Hal ini sangat penting ditengah pandemi Covid-19 yang belum juga mereda.

Bonus lainnya, makanan Jepang ini memiliki rasa yang enak. Bagi kamu pencinta makanan Jepang tentu tak mau melewatkan konsumsinya.

Mulai dari matcha yang terkenal sebagai minuman tinggi antioksidan hingga natto yang merupakan makanan fermentasi super sehat. Lalu bagaimana dengan makanan Jepang lainnya?

Dikutip dari Savvy Tokyo (12/7), berikut 7 makanan Jepang yang sehat dan bagus untuk perkuat imunitas:

1. Matcha

fakta dan manfaat matchaFoto: iStock

Makanan Jepang ini populer di kalangan pelaku hidup sehat. Matcha biasanya dikonsumsi rutin untuk mengasup antioksidan. Matcha atau teh hijau bubuk diproses dari seluruh bagian daun teh sehingga membedakannya dari teh hijau biasa dimana daunnya hanya direndam.

Di Jepang, matcha umum jadi suguhan upacara minum teh. Menyiapkannya pun tak sembarangan, tapi kini di era modern matcha dikonsumsi dengan lebih kasual. Bahkan dipakai dalam campuran dessert, kue, hingga permen.

Menyoal nutrisinya, matcha mengandung antioksidan 137 kali lipat dari jenis teh hijau lain. Antioksidan berperan mengurangi kerusakan sel tubuh dan melawan penyakit kronis. Minum matcha juga bantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan metabolisme.

Baca Juga: Seduh Matcha dengan Cara Ini agar Aroma dan Rasanya Lebih Enak

2. Miso

Makanan Jepang yang sehat selanjutnya adalah miso. Berupa pasta kedelai fermentasi yang menjadi kunci kelezatan masakan Jepang secara umum. Miso tersedia dalam tiga jenis yaitu shiro (putih), shinsu (kuning), dan aka (merah). Pembedanya adalah durasi fermentasi dan bahan tambahan pada miso. Proses ini menghasilkan miso dengan cita rasa gurih ringan hingga kuat.

Biasanya miso diolah sebagai sup dengan campuran kaldu rumput laut, isian tahu, daun bawang, dan wakame. Miso juga bisa dipakai sebagai bumbu marinasi sayuran dan daging panggang.

Karena merupakan makanan fermentasi, miso menjadi sumber probiotik alias bakteri baik untuk usus. Konsumsinya bagus untuk menyehatkan pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh. Miso juga tinggi protein, mineral seperti mangan dan zinc, serta vitamin E, K, dan B.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com