5 Makanan yang Tinggi Kandungan Vitamin D dan Murah Harganya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 18:30 WIB
Makanan Vitamin D yang Harganya Murah Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Vitamin D sebenarnya diproduksi tubuh secara alami ketika terkena paparan sinar matahari. Namun, asupan vitamin D tinggi juga bisa didapatkan dari makanan murah.

Nutrisi vitamin D yang tinggi sangat diperlukan tubuh dalam memerangi virus Covid-19 saat ini. Karena vitamin D bisa digunakan untuk menjaga imunitas tubuh.

Sebenarnya, vitamin D bisa diproduksi oleh tubuh secara alami. Caranya dengan berjemur di bawah sinar matahari minimal 20 menit pada pukul 10.00 - 11.00 siang.

Namun, kalau kamu tidak mendapatkan cukup matahari, bisa mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin D tinggi. Karena dalam sehari asupan vitamin D harus mendekati 1.000 IU (25 mcg).

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan yang tinggi kandungan vitamin D dengan harga murah.

1. Kuning Telur

Makanan Vitamin D yang Harganya MurahMakanan Vitamin D yang Harganya Murah Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur ayam adalah salah satu makanan sehat yang mudah ditemui di manapun. Mulai dari warung kecil hingga supermarket pasti menawarkannya. Harga telur ayam juga terjangkau per kilogramnya, berkisar mulai dari Rp 23 ribu.

Selain protein yang tinggi, telur juga mengandung vitamin D. Bukan terdapat pada bagian putihnya, melainkan kuning telur. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari agar asupan vitamin D terpenuhi.

Kamu bisa merebusnya, lalu konsumsi bagian kuning telurnya saja. dilansir dari Health Line (18/12), dalam satu kuning telur ayam negeri mengadung vitamin D 37 IU. Namun, telur ayam yang diberi pakan kaya vitamin D biasanya mengandung kadar yang jauh lebih tinggi.

2. Tuna Kalengan

Makanan Vitamin D yang Harganya MurahMakanan Vitamin D yang Harganya Murah Foto: Getty Images/iStockphoto

Makanan yang mengandung vitamin D juga bisa didapatkan dari ikan dengan kandungan lemak tinggi. Seperti salmon atau tuna. Namun, kalau membeli salmon atau tuna dalam kondisi segar harganya terbilang mahal.

Namun, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D tinggi dari tuna kalengan. Harganya jauh lebih murah dari tuna segar, berkisar mulai dari Rp 20 ribu per kalengnya.

Dikutip dari Health Line, tuna kaleng yang 'light' mengandung vitamin D 268 IU (per 100 gram). Tuna kaleng juga mengandung niacin dan vitamin K. Tuna kaleng ini bisa kamu konsumsi dengan nasi atau isian sandwich.

Baca Juga: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Naikkan Kadar Oksigen Tubuh

3. Jamur

Makanan Vitamin D yang Harganya MurahMakanan Vitamin D yang Harganya Murah Foto: Getty Images/iStockphoto

Jamur salah satu bahan makanan yang murah dan rasanya enak. Ada beragam jamur yang mudah ditemui di Indonesia, seperti jamur merang, jamur kuping, jamur tiram, dan jamur kancing.

Jamur ini bisa kamu temui di pasar dengan harga berkisar Rp 15 ribuan per 500 gramnya. Cara mengolah jamur juga mudah, cukup ditumis atau dijadikan sayur sop dengan campuran tumisan daging dan seafood.

Menurut Health Line, jamur mengandung vitamin D2. Beberapa jenis jamur bahkan mengandung vitamin D hingga 2.300 IU per 100 gramnya.

Baca Juga: 5 Aksi Protes Pedagang Makanan saat PPKM Darurat ini Bikin Netizen Iba

4. Tahu

Makanan Vitamin D yang Harganya MurahMakanan Vitamin D yang Harganya Murah Foto: Getty Images/iStockphoto

Vitamin D juga bisa didapatkan dari kacang kedelai yang telah diolah, seperti tahu. Tahu juga salah satu bahan makanan murah yang sehat dan populer di Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar dengan harga mulai dari Rp 5 ribuan.

Tahu ini bisa kamu konsumsi dengan cara digoreng. Bisa juga dijadikan pepes agar kandungan minyaknya tidak berlebih. Bisa juga kamu campurkan telur dan dibuat mejadi omelet.

Dilansir dari The Active Times (20/3), tahu mentah mengadung vitamin D 120 IU. Selain itu, tahu juga mengandung protein yang tinggi. Tahu juga biasa dikonsumsi pelaku vegan karena termasuk bahan makanan nabati.

5. Susu Kedelai

Makanan Vitamin D yang Harganya MurahMakanan Vitamin D yang Harganya Murah Foto: Getty Images/iStockphoto

Susu tak hanya berasal dari sapi saja, tapi juga dari bahan nabati. Salah satunya dari kacang kedelai yang diolah hingga menghasilkan susu. Rasa susu kedelai juga tak kalah enak dari susu sapi biasa.

Susu kedelai ini banyak ditemui di minimarket dalam bentuk kemasan. Banyak juga ditawarkan pedagang kaki lima. Kamu juga bisa membuatnya sendiri untuk stok di rumah.

Routledge seorang ahli gizi mengungkapkan kalau susu kedelai mengandung vitamin D 32 IU dalam 100 ml. Menurutnya, susu kedelai juga mengandung protein yang tinggi dan bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, seperti dikutip dari The Active Times (20/3).

Baca Juga: Pria Muslim Tak Sengaja Makan Babi saat Pesan via Ojol, Ini Hukumnya dalam Islam



Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com