5 Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Riska Fitria - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 07:00 WIB
5 Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Foto: iStock

3. Daun Pegagan

Tanaman pegagan dikenal dengan nama ilmiah Centella asiatica. Pegagan merupakan tanaman tradisional yang bermanfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler dan humoral.

Tanaman herbal ini mengandung senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside. Senyawa itu berperan untuk mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengonsumsinya bisa diseduh dengan air panas. Masukkan daun pegagan ke dalam gelas, tambahkan air panas dan tunggu beberapa saat. Saring daun pegagannya dan bisa langsung dikonsumsi.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Indra Perasa, Lakukan 5 Tips Makan Ini

4. Temu Mangga

5 Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi5 Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Foto: Wikipedia

Temu mangga merupakan tanaman herbal sejenis empon-empon yang bentuknya mirip seperti kunyit. Temu mangga dikenal dengan nama latin Curcuma mangga.

Tanaman ini memiliki fagositos terkuat dibanding empon-empon jenis lainnya yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Khasiatnya itu telah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan di B2P2TOT Tawangmangu, Karanganyar dalam Buku Vademekum Tanaman Obat untuk Saintifikasi Jamu pada tahun 2013.

Caramengonsumsinya bisa dimakan secara langsung setelah dibersihkan. Atau bisa juga diparut halus lalu tambahkan air hangat dan diperas untuk mendapat sarinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com