5 Makanan dalam Alquran dan Sunnah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Jul 2021 05:45 WIB
6 Hal Ini Bakal Terjadi Saat Kamu Berhenti Makan Pisang Foto: iStock
Jakarta -

Makanan dalam Alquran dan sunnah ini disebut pakar memiliki nutrisi yang baik untuk mendukung sistem imunitas tubuh. Konsumsinya rutin penting di masa pandemi Covid-19.

Hubungan antara asupan makanan dan kesehatan, termasuk fungsi sistem imun sudah diketahui sejak berabad-abad lalu. Nutrisi dari makanan punya peranan sangat penting untuk membangun imunitas tubuh yang kuat.

Dikutip dari Journal of the British Islamic Medical Association (JBIMA) (29/4/20), makanan juga berperan penting dalam mencegah beragam penyakit, termasuk dari infeksi bakteri dan virus dengan cara alami. Banyak makanan yang bahkan digunakan sebagai alat penyembuhan.

Hal ini rupanya sudah dinyatakan jelas dalam ajaran Islam. Rekomendasi pemanfaatan makanan sebagai alat mencegah maupun mengobati penyakit sudah terlihat sejak zaman nabi Muhammad SAW.

Berikut 5 makanan dalam Alquran dan sunnah yang memiliki nutrisi baik untuk meningkatkan imunitas tubuh:

1. Kurma

Cara Membuat Susu KurmaFoto: Getty Images/iStockphoto

Kurma adalah makanan pokok untuk banyak orang di Timur Tengah dan Afrika. Di balik rasa manisnya yang legit, kurma juga memiliki segudang manfaat sehat. Nabi Muhammad SAW menyarankan muslim untuk buka puasa dengan kurma. Jika tidak ada kurma, barulah buka puasa dengan air putih.

Kurma mengandung 87% gula alami, protein, mineral termasuk zinc, dan beragam vitamin dari A, C, sampai E. Semua vitamin di dalam kurma punya peranan penting dalam metabolisme tubuh. Sifatnya juga menenangkan.

Tak hanya itu, kurma mengandung serat yang bagus untuk fungsi dan pergerakan usus. Karenanya kurma bisa berperan sebagai pencahar alami.

Di dalam Alquran, keistimewaan kurma tercantum dalam surah Maryam ayat 25. "Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu."

2. Buah ara

Buah ara atau figs atau buah tin kaya akan vitamin termasuk vitamin B1, B2, C, A, dan karoten. Buah ara juga tinggi senyawa yang berperan dalam pembentukan sel tubuh dan hemoglobin. Konsumsinya sangat disarankan untuk mereka yang anemia.

Karena kandungan kalsium dan fosfat yang signifikan, buah ara juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Menurut beberapa ahli, buah ini kaya akan vitamin K yang membantu keseimbangan kemampuan darah untuk menggumpal dan mengurangi risiko pendarahan.

Antioksidan pada buah ara juga berperan penting dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh. Meminum air buah ara yang sudah di-infused juga baik untuk obat alami infeksi pernapasan dan meredakan batuk.

Buah ara tercantum dalam surah At-Tin ayat 1. "Demi buah tin dan buah zaitun," begitu bunyi ayatnya. Selain itu, Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma'aad juga menyebut, "Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga, maka itulah buah Tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok."

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com