Ini 5 Makanan Tinggi Omega 3 untuk Perkuat Imun Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 09 Jul 2021 06:00 WIB
Hidangan telur dan jumlah kalorinya Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Di tengah pandemi Covid-19, imun tubuh harus tetap prima agar tak mudah terpapar virus dan bakteri. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan tinggi omega 3.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, bahkan saat ini kasusnya kian melonjak. Dikarenakan telah masuknya Covid-19 varian Delta yang penyebaran virusnya sangat cepat.

Setiap orang harus bisa menjaga tubuh mereka agar tetap prima. Caranya dengan rutin mengonsumsi makanan sehat yang bisa menjaga imunitas tubuh. Salah satunya makanan dengan kandungan omega 3 yang tinggi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan tinggi omega 3 untuk menjaga imunitas tubuh.

1. Telur

Diet telur rebustelur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Telur merupakan salah satu sumber makanan tinggi omega 3. Menurut Scientific American (20/6), dalam satu butir telur mengandung asam lemak omega 3 sebanyak 100 hingga 500 mg.

Tak sembarang telur mengandung omega 3. Ciri-ciri telur yang mengandung omega 3 bisa diketahui dari warna kuning telurnya. Biasanya memiliki warna cenderung oranye dan tekstur putih telurnya tidak encer.

Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin 1-2 butir per hari. Bisa kamu jadikan telur rebus, telur goreng, ataupun orak-arik. Bahkan, di Jepang telur dengan omega 3 tinggi bisa dimakan mentah bersama nasi lho.

Baca Juga: 5 Tips Diet Vera Wang agar Awet Muda dan Ramping di Usia 72

2. Biji-bijian

manfaat biji chia dan madumanfaat biji chia dan madu Foto: iStock

Biji-bijian juga diketahui mengandung omega-3 yang tinggi. Kamu bisa menemukannnya pada biji chia. Tak heran kalau biji chia populer dikonsumsi untuk diet.

Tak hanya mengandung omega 3 saja, tapi juga iron, magnesium, dan serat. Kandungan ini ampuh untuk melawan kolesterol tinggi dan bisa menjaga tubuh dari radikal bebas yang bisa memengaruhi proses metabolisme.

Untuk mengonsumsi biji chia bisa disantap begitu saja. Bisa juga dijadikan puding dan campuran makan yogurt atau oatmeal. Tambahkan juga buah-buahan agar kandungan nutrisinya bisa lebih banyak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Rahasia Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir di Cideng"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com