Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHO

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 14:00 WIB
Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHO Foto: Getty Images/iStockphoto/kerdkanno

4. Kurangi gula dan garam

Saat masak atau menyiapkan makanan, batasi penambahan garam dan bumbu tinggi sodium lain seperti kecap asin dan kecap ikan. Asupan garam harian tak boleh lebih dari 1 sendok teh (sdt).

Begitupun dengan gula. Batasi konsumsi gula tambahan yang biasanya terdapat pada minuman yogurt, jus kemasan, soda, dan susu aneka rasa. Kalau mau ngemil, usahakan pilih buah potong saja. Jangan makan banyak cookies, cake, dan cokelat.

5. Sebisa mungkin tidak makan di luar

Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHODaftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Menurut WHO Foto: Getty Images/iStockphoto/kerdkanno

Selain membeberkan makanan yang harus dikonsumsi saat pandemi Covid-19, WHO juga menekankan pentingnya mengurangi intensitas makan di luar rumah. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kontak dengan orang lain sehingga memperkecil risiko tertular Covid-19.

WHO merekomendasikan jarak 1 meter dengan orang lain di tempat umum. Hal ini sering kali sulit dipraktikkan saat kamu ada di restoran dan kafe yang padat pengunjung. Risiko kesehatan akan mengintai jika salah satu pengunjung ada yang bersin atau batuk. Bukan tidak mungkin mereka menyebarkan virus, termasuk Covid-19.

Kalaupun terpaksa makan di luar, kamu harus selalu menggunakan masker kecuali saat makan. Pastikan juga cuci tangan rutin dan minta pegawai restoran untuk membersihkan meja makan secara berkala.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com