5 Sayuran Hijau 'Ndeso' Ini Punya Nutrisi Penting Untuk Jaga Imunintas

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 09 Jul 2021 16:05 WIB
Sayuran Hijau Indonesia untuk Menjaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Di Indonesia ada beragam sayuran hijau yang menyimpan beragam nutrisi penting. Seperti daun ubi hingga daun kelor yang dapat dikonsumsi untuk imunitas tubuh.

Sayuran hijau biasa dikonsumsi secara rutin karena nutrisinya yang menyehatkan tubuh. Ada beragam sayuran hijau di Indonesia yang umum dikonsumsi walaupun terbilang 'ndeso'. Karena sayuran hijau ini murah dan banyak ditanam di pekarangan rumah.

Seperti daun ubi, daun singkong, daun pepaya, daun kelor, dan daun pegagan. Sayuran hijau ini biasa dikonsumsi sebagai sayuran bening, lalapan, ataupun jamu. Dipercaya sejak dulu sebagai penjaga imunitas tubuh.

Berikut 5 sayuran hijau 'ndeso' untuk meningkatkan imunitas tubuh.

1. Daun Ubi

Sayuran Hijau Indonesia untuk Menjaga ImunitasSayuran Hijau Indonesia untuk Menjaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto

Ubi merupakan umbi yang umum dikonsumsi. Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, ubi bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Selain umbinya, bagian dari ubi yang bisa dikonsumsi adalah daunnya.

Kalau kamu banyak memanen ubi, daunnya jangan langsung dibuang. Karena daun ubi juga bisa dikonsumsi sebagai makanan enak. Daun ubi biasanya ditumis ataupun direbus untuk menjadi lalapan.

Daun ubi tak hanya enak jadi masakan, tapi juga menyimpan beragam nutrisi yaitu karbohidrat, protein, kalsium, dan zat besi. Selain itu ada juga kandungan beta karoten, vitamin C, vitamin E, dan lainnya. Kandungan inilah yang berperan sebagai zat antioksidan untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: 5 Tips Diet Vera Wang agar Awet Muda dan Ramping di Usia 72

2. Daun Singkong

Sayuran Hijau Indonesia untuk Menjaga ImunitasSayuran Hijau Indonesia untuk Menjaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto

Sama seperti ubi, singkong juga salah satu jneis umbi yang mengandung karbohidrat tinggi. Singkong juga dikonsumsi sebagai alternatif pengganti nasi. Singkong juga memiliki daun yang bisa dikonsumsi.

Daun singkong bisa dijadikan olahan makanan enak. Umumnya direbus lalu dijadikan lalapan. Bisa juga dimasak menjadi sayur dengan tambahan santan.

Daun singkong juga menyimpan beragam nutrisi penting untuk tubuh. Di antaranya kaya serat, karbohidrat, dan protein. Banyak juga vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, magnesium, kalsium, hingga zat besi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com