5 Teh Herbal Ini Bantu Mengembalikan Indra Penciuman

Devi Setya - detikFood Jumat, 09 Jul 2021 10:30 WIB
5 Teh Herbal Penambah Imunitas Ini Bagus Dikonsumsi Saat Pandemi Foto: Getty Images/iStockphoto/Maya23K
Jakarta -

Banyak pasien positif Covid-19 yang mengeluh hilangnya indra penciuman dan perasa. Untuk membuatnya normal kembali, kamu bisa konsumsi beberapa jenis teh yang bantu kembalikan fungsi indra penciuman.

Hilangnya indra penciuman atau istilah medisnya disebut anosmia adalah kondisi saat hidung tidak bisa mencium bau. Hal ini umum terjadi, apalagi pada orang yang mengalami flu.

Namun belakangan ini, banyak pasien Covid-19 yang mengeluh kehilangan indra penciuman maupun indra perasa. Bahkan orang-orang yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 pun terkadang masih tidak bisa menggunakan indra penciuman dengan normal.

Aroma makanan, parfum atau aroma lain yang menyengat sekalipun tak tercium oleh hidung. Hal ini tentu mengkhawatirkan karena dalam beberapa kondisi darurat tentu berbahaya, misalnya kebakaran.

Secara umum, anosmia terjadi karena hidung tersumbat, masalah pada sinus, tumor di dekat saraf penciuman, dan cedera otak. Namun yang kini banyak terjadi yakni karena virus Corona.

Sebenarnya gejala ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun prosesnya berbeda pada setiap orang, ada yang sembuh dalam beberapa hari, namun ada juga yang mencapai hitungan bulan.

Untuk merangsang saraf penciuman agar kembali normal, kamu bisa mencoba dengan minuman herbal berupa teh. Ada beberapa teh yang bisa diandalkan untuk mengembalikan indra penciuman.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut teh herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengembalikan indra penciuman.

1. Teh lemon

manfaat sehat lemon tea5 Teh Herbal Ini Bantu Mengembalikan Indra Penciuman Foto: iStock


Tambahan seiris jeruk lemon segar pada secangkir teh bisa membuat indra penciuman kembali normal. Kandungan vitamin C pada lemon terbukti efektif mengobati infeksi pada saluran pernapasan.

Selain itu, kandungan antioksidan dan sifat anti-mikroba yang kuat dalam lemon membantu mengurangi lendir berlebih di dalam saluran hidung. Aroma dan rasanya yang segar juga merangsang indra penciuman dan perasa.

Pastikan mengonsumsi teh ini dalam keadaan hangat. Kamu bisa memeras lemon atau memasukkan irisan lemon segar pada teh. Konsumsi setiap pagi agar hasilnya maksimal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com