Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 08 Apr 2021 14:00 WIB
portrait of overweight smiling woman looking at camera while cooking fresh salad for dinner in kitchen at home Foto: iStock
Jakarta -

Indera perasa dan penciuman hilang, jadi gejala COVID-19 yang dialami banyak orang. Kini ada buku resep yang diciptakan bagi orang-orang yang tidak bisa merasakan makanan.

Pandemi terus berlangsung, banyak orang yang pernah terpapar COVID-19 masih tidak bisa merasakan atau mencium aroma. Ada juga yang penciuman dan indera perasanya pulih dalam hitungan minggu.

Baca Juga: Indera Perasa Hilang karena COVID-19, Wanita Ini Tak Bisa Rasakan Es Kopi

Keluhannya hampir sama, mereka tidak bisa merasakan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hal ini lah yang mendorong Chef Ryan Riley dan Chef Kimberley Duke, untuk menulis buku resep yang unik.

Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19 Foto: WP/LifeKitchen

Dilansir dari LifeKitchen UK (08/0), buku resep berjudul 'Taste & Flavour' ini terinspirasi dari orang-orang yang kehilangan indera perasa mereka karena COVID-19.

Lewat buku ini Ryan dan Duke yang berasal dari Inggris, ingin membantu orang-orang agar bisa menikmati makanan mereka lagi. Meskipun indera perasa dan penciuman mereka belum sepenuhnya kembali.

Di dalam buku resep ini, Ryan dan Duke fokus menciptakan hidangan yang lebih terasa teksturnya. Mereka juga menghindari membuat resep dengan bahan-bahan makanan yang tidak disukai penderita COVID-19.

Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19 Foto: WP/LifeKitchen

Seperti bawang bombay, bawang putih, daging dan telur. Karena makanan-makanan ini secara langsung bisa memicu parosmia, yaitu perubahan indera penciuman. Juga bisai memicu anosmia yaitu kehilangan indera penciuman.

Pembuatan buku resep ini juga tidak sembarangan. Ryan dan Duke melakukan beberapa penelitian, mengombinasikan berbagai macam rempah dan bahan makanan, sampai membuat tekstur makanan lebih terasa.

Mereka juga fokus membuat tampilan makanan atau visual makanan secantik mungkin. Tentunya penuh warna cerah untuk memanjakan mata. Bagi mereka visual makanan, bisa membuat orang jauh lebih menikmati makanan tersebut.

"Kalian tidak akan pernah bisa lupa, bagaimana enaknya makan melalui mata kita," jelas Riley.

Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19 Foto: WP/LifeKitchen

Salah satu resep andalan di buku ini ada Veggie Pineapple Tacos, Umami Biskuit, Baked Vanillat Oats, Raspberry dan Rose Syrup.

Selain itu buku resep 'Taste & Flavour', dibagikan secara gratis. Termasuk versi digitalnya, yang memudahkan orang untuk mengunduh resep-resep spesial ini di manapun tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali.

"Bagi kami sudah seharusnya sesuatu yang berguna bagi banyak orang, bisa diakses gratis oleh siapapun," lanjut Riley.

"Lewat buku ini kami hanya ingin membagikan sedikit kebahagiaan pada orang-orang, di masa sulit seperti sekarang. Makanan adalah salah satu hal yang bisa menyatukan kita. Tentunya kita semua berhak untuk menikmati hal itu," tutup kedua chef ini.

Bagi yang tertarik untuk mengunduh buku resep Taste & Flavour, bisa kunjungi situs Life Kitchen.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bantu Kembalikan Fungsi Indera Penciuman dan Perasa



Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com