5 Asupan Nutrisi Untuk Pemulihan Pasca COVID-19 yang Disarankan Ahli

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 17:30 WIB
5 Asupan Nutrisi Untuk Pemulihan Pasca COVID-19 yang Disarankan Ahli Foto: istock
Jakarta -

Konsumsi makanan padat nutrisi menjadi cara terbaik untuk pemulihan setelah terjangkit COVID-19. Berikut ini saran yang diberikan oleh ahli.

Saat terjangkit virus, tubuh akan bekerja keras untuk melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh. Tubuh akan mengerahkan seluruh kekuatannya dan amunisi dari cadangan mineral dan nutrisi tubuh yang ada untuk mengalahkan virus yang masuk.

Begitu pula saat tubuh terjangkit COVID-19, seluruh kekuatan akan dikerahkan untuk melawan virus yang ada di dalam tubuh. Perlawanan yang cukup melelahkan tersebut pastinya akan sangat menguras energi dan nutrisi di dalam tubuh.

Para ahli menyarankan beberapa tips pola makan yang bisa diterapkan saat masa pemulihan setelah terjangkit COVID-19. Pola makan dikatakan menjadi cara yang paling ampuh untuk mencegah malnutrisi setelah tubuh berjuang melawan virus.

Dilansir melalui Food NDTV (19/5), berikut ini 5 asupan yang wajib dipenuhi saat pemulihan COVID-19 menurut para ahli.

5 Asupan Nutrisi Untuk Pemulihan Pasca COVID-19 yang Disarankan Ahli5 Asupan Nutrisi Untuk Pemulihan Pasca COVID-19 yang Disarankan Ahli Foto: istock

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi penting yang dapat membantu produksi energi. Karbohidrat diperlukan karena saat tubuh melawan infeksi virus, tubuh kehilangan banyak energi sehingga energi tersebut harus digantikan dengan energi baru agar tubuh tidak menjadi lemah.

Makanan-makanan yang kaya akan energi bisa menjadi rekomendasi untuk asupan harian, misalnya biji-bijian, sereal, buah-buahan, sayuran hingga umbi-umbian. Memilih roti dan atau sereal untuk dikonsumsi saat sarapan juga dapat menjadi cara yang dilakukan untuk memaksimalkan konsumsi karbohidrat.

Para ahli juga menambahkan untuk melakukan beberapa langkah saat makan. Mulai dari makan dalam porsi namun lebih sering, pertimbangkan sumber asupan kalori, pilih camilan dari bahan makanan berprotein serta pilih makanan yang dapat mengandung energi tinggi seperti roti lapis dengan selai kacang atau biji-bijian dan kacang-kacangan yang padat kalori.

Baca juga: 7 Makanan Ini Bantu Kembalikan Fungsi Indera Penciuman dan Perasa

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
The Right Man In The Right Place Dalam Bisnis
'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis Selengkapnya