Waspadai 5 Gejala COVID-19 Terkait Makanan Menurut Keluhan Pasien

Diah Afrilian - detikFood Senin, 18 Jan 2021 06:00 WIB
5 Gejala COVID-19 Terkait Makanan Menurut Keluhan Pasien Foto: Getty Images/iStockphoto/artursfoto
Jakarta -

Virus Corona masih menjadi masalah di seluruh dunia yang tak kunjung teratasi. Ternyata beberapa gejala COVID-19 ada kaitannya dengan asupan makan.

Kasus COVID-19 masih menjadi sorotan dan mengalami peningkatan hingga hari ini. Pandemi COVID-19 menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam kaitannya menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona.

Virus corona masih terus mengalami mutasi dan perkembangan yang tidak bisa dikendalikan. Beberapa gejala baru bahkan bermunculan dan perkembangan virusnya semakin ganas.

Awalnya, infeksi virus ini ditandai dengan gejala khas seperti batuk kering, demam dan gangguan pernapasan. Baru-baru ini ditemukan bahwa gejala infeksi coronavirus dapat dikenali melalui masalah makan.

Dilansir dari Times of India (1/1), berikut ini beberapa gejala virus corona yang dapat dideteksi dari gangguan makan:

1. Sakit Perut

Menurut ulasan yang disampaikan oleh rumah sakit di China, 1 dari 5 pasien COVID-19 dilaporkan mengalami gejala pada pencernaan. Gejala ini berupa muntah-muntah, diare dan sakit perut.

Dikatakan bahwa ada kaitannya antara infeksi COVID-19 dengan dampaknya pada mikroba di dalam usus dan kemampuan virus ini untuk menginfeksi melalui saluran faecal. Perlu juga diketahui bahwa orang dengan gejala pencernaan mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan virus dari tubuh dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki gejala pencernaan.

Gejala ini tidak bisa sepenuhnya dikatakan sebagai gejala adanya infeksi virus corona. Tetapi secara medis disarankan untuk waspada dan sebisa mungkin menggunakan kamar mandi yang terpisah dengan orang lain hingga hasil tes diketahui.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santap Lele Goreng Jumbo, Beratnya 3 Kg!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com