Panduan Pola Makan untuk Atasi Virus Corona Menurut Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 30 Des 2020 08:00 WIB
Panduan Pola Makan untuk Atasi Virus Corona Menurut Ahli Gizi Foto: Getty Images/iStockphoto/stray_cat
Jakarta -

Pandemi virus Corona kini masih berlangsung. Ahli gizi menyarankan konsumsi makanan yang tepat untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Virus Corona menyerang saluran pernapasan dan dapat menular melalui cairan (droplet). Virus Corona memiliki penyebaran yang sangat masif dan cepat. Hampir seluruh negara di dunia terjangkit virus serupa.

Untuk digaris bawahi, tidak ada makanan yang benar-benar bisa menyembuhkan virus ini dengan sangat cepat. Tetapi ada beberapa makanan yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk meredakan gejala-gejala yang timbul akibat infeksi virus Corona.

Kunci utama dalam melawan virus Corona adalah mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, asupan cairan, dan memperkuat imunitas tubuh. Beberapa hal tersebut bisa didapatkan melalui konsumsi makanan yang tepat.

Berikut panduan pola makan untuk atasi virus Corona menurut ahli gizi, seperti dikutip dari Eating Well (8/11):

Hidrasi Tubuh

Panduan Pola Makan untuk Atasi Virus Corona Menurut Ahli GiziPanduan Pola Makan untuk Atasi Virus Corona Menurut Ahli Gizi Foto: Getty Images/iStockphoto/stray_cat

Banyak minum air putih sangat disarankan ketika sakit karena bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang, termasuk saat demam ataupun diare. Selain itu minum air putih bantu menghidrasi tubuh yang pada akhirnya bisa membuat semua organ berfungsi maksimal.

Selain air putih, hidrasi tubuh juga bisa melalui konsumsi teh plus madu, air kaldu, jus, dan minuman elektrolit. Teh plus madu, misalnya, berguna untuk meredakan batuk yang kerap dialami di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Peneliti Sebut Makan di Restoran Lebih Berisiko Terpapar COVID-19

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com