Peneliti Sebut Makan di Restoran Lebih Berisiko Terpapar COVID-19

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 19 Des 2020 09:30 WIB
makan di restoran Foto: iStock
Jakarta -

Peneliti Prancis mengungkap berada di bar atau restoran meningkatkan risiko tertular Covid-19. Selain itu, mengundang tamu untuk makan juga berisiko penularan.

Studi terbaru menambah bukti bahwa bersosialisasi dan makan di luar jauh lebih berbahaya daripada aktivitas lain seperti menggunakan transportasi umum atau berbelanja.

Itu datang ketika Eropa dan Amerika Serikat khususnya bergulat dengan tingkat infeksi yang melonjak dan dimulainya musim liburan yang biasanya ditandai dengan pesta dan kumpul-kumpul keluarga.

Dilansir dari CNN Indonesia (18/12) para peneliti dari Institut Pasteur Prancis berusaha mencari tahu faktor-faktor mana - seperti profesi, moda transportasi, tempat yang dikunjungi - yang membedakan peserta yang tertular virus dari orang yang tidak.

"Kami melihat peningkatan risiko yang terkait dengan mengunjungi bar dan restoran," kata penulis utama, Arnaud Fontanet, seorang ahli epidemiologi dan anggota dewan ilmiah yang membimbing pemerintah dikutip dari AFP.

tips makan sehat di restoranPeneliti Sebut Makan di Restoran Lebih Berisiko Terpapar COVID-19. Foto: iStock

Studi tersebut, yang disebut ComCor, belum ditinjau oleh rekan sejawat tetapi telah menginformasikan tanggapan virus Prancis. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober dan November, selama periode awal jam malam dan bahkan pembatasan yang lebih ketat yang membuat sebagian besar perusahaan ditutup sebagian atau seluruhnya.

Fontanet mengatakan kepada AFP bahwa karena bar dan restoran tidak berfungsi seperti biasa, sulit untuk mengukur peran pasti mereka dalam transmisi, dan mengakui bahwa menutup bisnis ini adalah langkah yang "sensitif".

Peneliti ComCor mewawancarai 3.400 orang yang terinfeksi Covid-19 dan 1.700 lainnya yang tidak terinfeksi virus.

Mereka menemukan bahwa mengunjungi restoran, bar, atau gym dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi, sedangkan menggunakan transportasi umum dan mengunjungi toko tidak.

'Friendly Dinner'
Otoritas kesehatan di seluruh dunia telah menyarankan orang untuk menghindari ruang dalam ruangan yang padat karena para ilmuwan semakin setuju bahwa virus corona baru dapat menyebar di awan halus dari partikel yang dikenal sebagai aerosol yang dapat terkumpul di ruangan yang berventilasi buruk.

Lalu apa saja yang disimpulkan peneliti Prancis? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Menyantap Sei Sapi Beraneka Sambal"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com