PSBB DKI Jakarta, 5 Ide Makanan yang Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

Rosmha Widiyani - detikFood Sabtu, 12 Sep 2020 10:00 WIB
Petugas memeriksa penumpang di dalam kendaraan yang melintas di Posko Check Point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Rabu (22/4/2020). PSBB diterapkan di Padang dan kabupaten/ kota lain di provinsi itu mulai Rabu (22/4/2020) hingga 5 Mei 2020 untuk menghentikan penyebaran COVID-19, diantaranya dengan membatasi aktivitas di luar rumah, wajib menggunakan masker serta pembatasan jumlah penumpang kendaraan roda empat dan roda dua. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/PSBB DKI Jakarta, 5 Ide Makanan yang Bisa Dikonsumsi Tiap Hari
Jakarta -

PSBB DKI Jakarta atau Pembatasan Sosial Berskala Besar kembali diterapkan untuk menekan kasus COVID-19. Artinya, buat yang tinggal atau bekerja di Jakarta mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada dalam perjalanan.

Meski lebih banyak di rumah, namun keinginan ngemil dan makan sambil bekerja di rumah tetap ada. Tentunya semua yang dikonsumsi harus bernutrisi supaya tubuh tetap sehat selama beraktivitas di rumah.

Dikutip dari situs organisasi kesehatan dunia WHO, sedikitnya ada lima ide yang sebaiknya diterapkan saat mengolah atau membeli makanan selama PSBB. Prinsip yang sama juga bisa diterapkan saat ingin menikmati berbagai jenis minuman, sambil terus fokus bekerja.

Berikut lima ide makanan saat PSBB DKI Jakarta:

1. Menyertakan buah dan sayur

Saat PSBB jangan sampai hanya mengkonsumsi makanan atau minuman favorit. Buah, sayuran, dan berbagai jenis asupan lain tetap harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Asupan bernutrisi bisa diolah dengan berbagai bumbu dan cara memasak supaya tidak membosankan.

2. Tidak banyak lemak

Berbagai jenis gorengan biasanya menjadi pilihan saat ngemil, termasuk saat PSBB. Tentu tak ada salahnya sesekali mnakan gorengan, namun di saat lain sebaiknya pilih makanan yang tidak menggunakan terlalu banyak lemak. Selain itu, bisa dipilih minyak yang mengandung lemak tak jenuh untuk menjaga kesehatan. Asupan yang mengandung lemak sehat misal ikan dan kacang jangan sampai absen.

3. Jangan terlalu banyak gula

Makanan dan minuman manis sangat sayang dilewatkan sebagai selingan saat PSBB. Namun patut diingat, konsumsi gula jangan terlalu banyak untuk menjaga kondisi tubuh. Jika ingin asupan manis sebaiknya pilih buah atau pilih yang porsinya tidak terlalu besar. Bila memungkinkan bisa dipilih yang menggunakan gula minim karbohidrat.

4. Konsumsi garam diatur

Pergerakan terbatas biasanya jadi alasan nyetok makanan saat PSBB, dengan berbagai makanan olahan atau siap saji. Cara ini tentu dibolehkan namun harus diingat kandungan garam pada makanan tersebut biasanya tidak sedikit. Sesekali makan asupan tersebut tentu tak masalah, namun jangan lupa mengkonsumsi buah dan sayur segar yang sehat. Ikan dan daging yang baik untuk kesehatan tubuh juga jangan sampai absen.

5. Kebutuhan air putih tercukupi

Teh, kopi, jus, dan berbagai jenis minuman lain sebetulnya tak masalah sesekali dikonsumsi. Namun pastikan tetap minum cukup air untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan yang sehat, daya tahan tubuh akan lebih baik untuk membentengi dari dari serangan virus dan bakteri selama PSBB.



Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)