5 Sumber Makanan untuk Pengidap Covid dan Pantangannya

Tim detikcom - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 07:00 WIB
Terjawab! 5 Pertanyaan Seputar Keamanan Makanan di Tengah Covid-19 Foto: Shutterstock/5 Sumber Makanan untuk Pengidap Covid dan Pantangannya
Jakarta -

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS CoV-2. Mereka yang mengidap COVID-19 seringkali mengalami gejala gangguan pernapasan, seperti batuk, dan sesak napas.

Nutrisi yang cukup sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu pemulihan pengidap COVID-19.

Sebaliknya, nutrisi yang buruk dapat mengganggu fungsi imun tubuh dan meningkatkan risiko terinfeksi.

Seperti diketahui, sejumlah pengidap COVID-19 akan mengalami gejala nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, tenggorokan, diare. Sama seperti flu, Anda mungkin tidak merasa lapar.

Anda juga bisa kehilangan indra perasa dan penciuman, yang dapat memengaruhi nafsu makan Anda.

Smoothie yang dibuat dengan buah dan yoghurt atau selai kacang dapat membantu Anda memasukkan kalori jika Anda tidak lapar.

Sup ayam terasa nyaman dan mungkin bermanfaat saat Anda mengalami infeksi saluran pernapasan. Jahe juga dapat membantu meredakan mual (coba dengan teh atau tambahkan ke sup wortel).

Panduan umum makanan pengidap COVID-19:

Secara umum, protein, karbohidrat, dan lemak semuanya berperan penting dalam keseimbangan nutrisi. Tetapi makanan tertentu yang lebih spesifik seperti protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran mungkin penting untuk ditargetkan saat mengoptimalkan diet Anda untuk penyembuhan atau pencegahan infeksi.

Kebutuhan protein bagi mereka yang berisiko paling tinggi sudah lebih besar karena riwayat penyakit kronis atau usia mereka.

Untuk melindungi dan mendukung massa otot tanpa lemak, pilih sumber protein tanpa lemak seperti ayam, kalkun, makanan laut, atau opsi nabati seperti kacang-kacangan, atau selai kacang, dan polong-polongan.

Makan buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran, terutama buah jeruk dan sayuran berdaun hijau, mengandung vitamin A dan C. Sedangkan kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati kaya akan vitamin E, produk susu, telur, dan makanan laut merupakan sumber yang baik untuk vitamin D.

Seng juga penting, yang kaya akan sumber makanan seperti daging dan kacang-kacangan. Semua ini adalah vitamin dan mineral yang dikenal memberikan dukungan kekebalan.

Dengan 70% kekebalan di usus, itu juga bagus untuk menjaga bakteri sehat Anda berkembang. Sumber probiotik, seperti yoghurt dan kefir, membantu pertumbuhan bakteri sehat dan mendukung sistem kekebalan Anda.

Makan dalam porsi kecil lebih sering

Strategi hebat lainnya untuk menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat adalah memulai makan di awal hari untuk memaksimalkan asupan kalori untuk penyembuhan dan menargetkan sekitar 4-6 makanan kecil per hari.

Bagi mereka yang mengalami gejala pernapasan serius, makan dalam porsi kecil dapat membantu mencegah rasa kenyang lebih awal (terlalu cepat kenyang) dan pada gilirannya menghilangkan stres diafragma, yang memungkinkan pernapasan lebih mudah.

Sering makan makanan juga dapat membantu penderita diabetes yang mencoba mempertahankan kontrol glikemik saat mereka sakit.

Minum banyak cairan

Pastikan untuk tetap terhidrasi. Tidak hanya baik secara keseluruhan untuk melawan infeksi, tetapi juga membantu mengencerkan lendir dan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Secara umum, minum 6 sampai 8 gelas air sehari. Kecuali Anda dalam pembatasan cairan oleh dokter Anda.

Makanan seperti sup, buah-buahan, dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi, seperti melon dan mentimun, juga terhitung sebagai sumber cairan.

Salah satu cara untuk mengetahuinya Anda cukup cairan adalah dengan melihat urine. Jika Anda terhidrasi dengan baik, urine Anda akan berwarna cerah.

Pesan utama yang bisa dibawa pulang untuk semua orang, apakah Anda termasuk populasi berisiko tinggi atau mengelola kondisi kronis, adalah penting untuk melakukan yang terbaik untuk makan makanan yang mewakili setiap nutrisi, kelompok makanan, vitamin, dan mineral.

Makanan untuk pengidap COVID-19 dapat diklik di halaman selanjutnya

Daftar makanan untuk pengidap covid-19 dilansir everlywell:

1. Makanan Kaya Vitamin A Teratas

-Hati sapi
-Ubi
-bayam
-Wortel
-Keju ricotta
-Blewah
-Paprika merah
-Mangga
-Telur

2. Makanan Kaya Vitamin C Teratas

-Cabai merah
-jeruk
-Kiwi
-Brokoli
-Stroberi
-kubis Brussel
-Jeruk bali
-Blewah
-Kubis
-Kol

3. Makanan Kaya Vitamin D Teratas

-Ikan tuna
-Jamur (terkena sinar UV)
-Susu
-Telur
-yoghurt
-Sereal siap makan (sereal gandum utuh)
-Jus jeruk (jus 100%)
-Ikan salmon
-Sarden
-Minyak ikan cod

4. Makanan Kaya Vitamin E

-biji bunga matahari
-kacang almond
-Kacang hazel
-Selai kacang
-Kacang kacangan
-bayam
-Bibit gandum
-Minyak bunga matahari
-Minyak safflower
-Tomat

5. Sumber makanan teratas seng

-Daging sapi panggang
-kacang polong
-Ayam
-Biji labu
-yoghurt
-Buncis
-kacang-kacangan
-Kacang mete

Makanan standar saat Anda merasa tidak enak badan:

-pisang
-Saus apel tanpa pemanis
-Roti gandum utuh
-beras merah
-Teh peppermint, jahe, atau herbal
-Kaldu tulang
-Greek Yoghurt
-Oatmeal atau Krim Gandum
-Madu

Peningkatan stres dan kurang tidur dapat berdampak negatif pada fungsi kekebalan tubuh. Suplemen pengganti makanan bisa menjadi ide yang baik bagi mereka yang membutuhkan dukungan tambahan untuk mendapatkan nutrisi yang sesuai.

Namun ada baiknya untuk menghubungi dokter untuk panduan lebih lanjut.

Pantangan Makanan untuk Pengidap COVID-19 dilansir eatingwell

Alkohol menyebabkan dehidrasi dan dapat menghambat sistem kekebalan Anda. Jadi jika Anda mulai merasa mual, jangan minum minuman keras dan gantikan dengan sesuatu yang membuat tubuh terhidrasi.

Batasi juga makanan yang sulit dicerna seperti kacang-kacangan, dan biji-bijian. Mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dan dapat mengganggu perut dan saluran pencernaan Anda.

Kerupuk (dan makanan keras dan renyah lainnya), makanan pedas, dan apa pun yang sangat asam (lemon, cuka) dapat mengiritasi tenggorokan jika Anda sakit tenggorokan.

Itulah makanan untuk pengidap COVID-19. Semoga cepat sembuh!

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com