7 Tips Belanja Saat Pandemi Agar Tak Tertular Virus Corona

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 27 Jan 2021 11:30 WIB
7 Tips Belanja Saat Pandemi Agar Tak Tertular Virus Corona Foto: iStock
Jakarta -

Belanja bulanan tetap harus dilakukan meski di tengah pandemi Covid-19. Berikut 7 tips belanja saat pandemi supaya terhindar dari penularan virus Corona.

Penyebaran virus Corona akhir-akhir ini semakin meluas, terbukti dengan angka penularannya yang makin naik. Bahkan, di beberapa negara telah ditemukan kemunculan virus baru yang lebih kuat.

Tetapi untuk memenuhi kebutuhan persediaan bahan makanan di rumah juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan di masa pandemi seperti saat ini. Pemenuhan gizi dan nutrisi yang baik akan membantu tubuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas melawan virus.

Tentunya akan ada rasa khawatir ketika pergi keluar rumah dimasa pandemi, termasuk ketika ingin belanja kebutuhan rumah. Beberapa penyesuaian perlu dilakukan untuk menghindari tertular virus yang tidak bisa dilihat oleh mata dan sulit dihindari.

Mengutip dari Today (22/1), berikut ini 7 tips belanja saat pandemi agar tak tertular virus Corona:

Menentukan Waktu Belanja

7 Tips Belanja Saat Pandemi Agar Tak Tertular Virus Corona7 Tips Belanja Saat Pandemi Agar Tak Tertular Virus Corona Foto: iStock

Sebelum pergi ke pasar atau tempat perbelanjaan, pastikan hindari waktu yang sekiranya akan lebih ramai. Misalnya pada akhir minggu, hari Sabtu dan Minggu, sekitar pukul 12 siang hingga 3 sore.

Pilih waktu yang sekiranya pusat perbelanjaan lebih sepi pengunjung. Biasanya pada hari Senin hingga Jumat berkisar pada pukul 10 - 12 siang atau pukul 2 - 3 sore.

Buat Daftar Belanja

Saat pandemi, kegiatan belanja harus dilakukan secepat, seefisien dan seefektif mungkin. Inilah fungsinya membuat rencana belanja, mulai dari daftar belanja hingga benda-benda yang harus dibawa.

Buat daftar bahan makanan yang butuh dibeli, setidaknya dalam jumlah yang mencukupi hingga 2 minggu atau bahkan 1 bulan ke depan. Cara ini akan membantu kamu meminimalisir kembali pergi belanja dalam waktu dekat. Jangan lupa membawa peralatan kebersihan dalam tas seperti tisu antiseptik, hand sanitizer, masker cadangan dan hal lainya yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pandemi Corona Bikin Orang-orang Punya Cara Unik Belanja

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com