Diet Nanas Ini Diklaim Ampuh Turunkan BB 4,5 Kg dalam 3 Hari

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 08 Jul 2021 05:00 WIB
nanas Foto: iStock
Jakarta -

Kalau kamu sedang galau dengan berat badan yang naik, cobalah diet nanas. Diet ini diklaim bisa turunkan bert badan 4.5 kg dalam 3 hari. Ini aturannya.

Kenaikan berat badan dialami banyak orang selama pandemi. Ini karena kurangnya aktivitas fisik, lebih banyak duduk di depan monitor dan rajin jajan via ojek daring saat PPKM Darurat.

Kamu bisa mencoba diet nanas seperti yang dilakukan oleh pemilik akun TikTok, @catcasas_. Lewat sebuah video, ia memberitahukan pada sekitar 100 ribu pengikutnya bahwa dirinya mampu memangkas atau menurunkan berat badan sekitar 4,5 kilogram (10 pounds) dalam 3 hari. Tentu hal ini menarik perhatian netizen terlebih yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Tentu hal ini menarik perhatian netizen terlebih yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Seperti dikutip dari Stylecraze, pineapple diet alias diet nanas diperkenalkan oleh psikolog Denmark, Sten Hegler pada 1970-an. Namun aturan mainnya saat itu, orang hanya boleh mengonsumsi nanas dalam waktu dua hari untuk menurunkan 1-2 kilogram berat badan.

Akan tetapi, kini diet nanas sudah berkembang. Nanas lebih dijadikan menu pendamping untuk tiap sesi makan. Rentang waktu diet pun beragam, ada yang melakukannya 3 hari atau ada juga yang merencanakannya hingga lima hari.

Cara dietnya pun sederhana dan ada beberapa versi. Ada yang melakukannya dengan hanya makan nanas selama 3 hari, ada pula yang mengonsumsi nanas bersama dengan makanan lain yang mengandung 500 kalori.

Sementara ada pula yang makan nanas saat sarapan, lalu nanas dijadikan menu pendamping makan siang dan makan malam berupa dada ayam panggang rendah lemak seperti pemilik akun TikTok @catcasas_.

es loli nanasDiet Nanas Ini Diklaim Ampuh Turunkan BB 4.5 Kg dalam 3 Hari. Foto: iStock

Mengapa nanas bisa bantu turunkan berat badan?

1. Kandungan bromelain, ini merupakan enzim proteolitik yang membantu mengurangi peradangan (inflamasi). Peradangan membuat hormon leptin (pengontrol berat badan) kurang efektif bekerja.
2. Meningkatkan kinerja pencernaan, berbagai kandungan nutrisi pada nanas memastikan pencernaan lancar, berat badan turun dan mengurangi kembung.
3. Menekan nafsu makan, kandungan air, serat, bromelain membantu penyerapan nutrisi dan memperlambat gerakan usus sehingga nafsu makan bisa ditekan.
4. Rendah kalori, Anda memperoleh banyak nutrisi tanpa khawatir tinggi kalori.
5. Kaya vitamin B1, salah satu nutrisi untuk produksi energi. Tubuh yang aktif, metabolisme terus bekerja dan lebih sedikit racun.
6. Meningkatkan lipolisis, riset menemukan tikus yang diet tinggi lemak menunjukkan peningkatan lipolisis (pemecahan lemak) dan penurunan lipogenesis (sintesis lemak) saat diberi nanas.

Apakah diet nanas itu menyehatkan? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com