4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam

Riska Fitria - detikFood Minggu, 04 Jul 2021 05:00 WIB
4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam Foto: iStock
Jakarta -

Diet menjadi salah satu jalan untuk menurunkan berat badan. Namun, bagaimana hukum melakukan diet dalam pandangan Islam?

Berat badan seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Memiliki berat badan yang berlebih dirasa dapat menurunkan tingkat percaya diri. Selain itu, kondisi tersebut juga tidak baik untuk kesehatan.

Ada banyak penyakit yang diidap bagi orang dengan berat badan berlebih. Mulai dari obesitas, kolesterol, penyakit jantung, sulit bernapas dan masih banyak lagi. Karenanya banyak orang yang melakukan diet.

Baca Juga: Metode Diet GM untuk Turunkan Berat Badan dalam 7 Hari

4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam Foto: iStock

Diet adalah mengatur pola makan tertentu, mulai dari memilih jenis makanan hingga mengatur porsi makanan. Tentunya pola makan tersebut dilakukan dengan cara yang lebih sehat.

Namun, tahukah kamu bagaimana hukum diet dalam pandangan Islam. Menurut Dr. Zaidul Akbar, sebenarnya Islam tidak secara khusus mengajarkan tentang diet.

"Karena makanan-makanan itu sebenarnya tidak lebih fungsinya untuk menegakkan tulang-tulang kita untuk beribadah kepada Allah SWT," ujar Dr. Zaidul Akbar dalam program Kazhanah (01/07).

Dr. Zaidul Akbar mengatakan bahwa yang dipentingkan oleh Islam justru bagaimana makanan yang benar dan makanan yang sesuai dengan kaidah yang diajarkan oleh Allah SWT.

Meski tidak secara khusus diajarkan, tetapi protokol-protokol diet itu ada di dalam Al Quran. Dilansir dari Dalam Islam acara beberapa metode diet yang diperbolehkan dalam Islam.

1. Mengonsumsi Makanan yang Halal, Sehat dan Bergizi

4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam Foto: iStock

Sebagai kaum muslim, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman halal. Hal tersebut telah diperintahkan oleh Allah SWT sebagaimana dalam firman Allah SWT:

"Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah syaitan. Sungguh, syaitan itu musuh yang nyata bagimu," (QS. Al-Baqarah:168).

Setiap makanan halal yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah dan dicerna oleh tubuh. Lalu, memberikan fungsi tertentu melalui gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan.

2. Makan Minum Secukupnya tidak Berlebihan

4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam4 Metode Diet dan Hukumnya Menurut Pandangan Islam Foto: iStock

Segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik. Begitupun dengan makan dan minum. Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada kita untuk makan dan minum secukupnya.

"Tidaklah anak-anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya,".

"Kalau dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk bernapas, dan sepertiga lagi untuk bernapas," (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Muslim).

AllahSWT juga berfirman "Wahai anak cucu Adam! Pakailahpakaianmu yang bagus pada setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan," (QS. Al-A'raf ayat 31).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com