7 Minuman Alami Penambah Imun Tubuh untuk Melawan COVID-19

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 07 Jul 2021 05:00 WIB
jus buah sehat Foto: iStock
Jakarta -

Daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci untuk melawan virus Covid-19. Ada beberapa racikan minuman alami yang bisa menambah imun tubuh.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia, sistem imun jadi satu hal yang paling patut diperhatikan. Sistem imun bekerja dengan membentuk semacam 'barikade' untuk menghalangi patogen yang terdeteksi hendak masuk menyerang tubuh. Sistem imun yang kuat jadi salah satu jaminan kesehatan.

Banyak cara untuk mendapatkan sistem imun yang kuat. Selain rutin berolahraga, tidur cukup, dan menghindari stres, pola makan dan minum juga turut berkontribusi. Beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan sistem imun. Begitu pula dengan minuman.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa minuman yang bisa menambah imunitas.

1. Jus kombinasi jeruk, grapefruit dan buah sitrus lain

Buah sitrus, seperti jeruk, menjadi sumber vitamin C terbaik. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari ancaman kerusakan.
Kombinasi buah-buahan ini dapat menghasilkan kandungan nutrisi yang beragam.

Jeruk memberikan kandungan potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin B-9, dan zinc. Grapefruit memberikan kandungan vitamin A, serta seluruh buah sitrus yang kaya akan vitamin C.

Mengutip Healthline, kekurangan vitamin C dapat menghambat penyembuhan luka serta mengurangi kemampuan sistem imun untuk mencegah infeksi.

Meski belum ditemukan bukti yang kuat mengenai efektivitas vitamin C untuk mencegah penularan Covid-19, setidaknya asupan sumber vitamin C dapat membantu daya tahan tubuh tetap kuat.

Thirsty woman drinking fresh orange juice at kitchen (high angle view).7 Minuman Alami Penambah Imun Tubuh. Foto: iStock

2. Jus kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk

Wortel, apel, dan jeruk merupakan kombinasi yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh serta melawan infeksi.

Apel dan jeruk memberikan nutrisi vitamin C yang kamu butuhkan. Sementara vitamin A, yang juga penting untuk imun tubuh, bisa kamu dapatkan dari wortel yang juga kaya akan antioksidan.

Wortel juga mengandung vitamin B-6, yang berperan penting dalam produksi antibodi.

3. Jus kale dan tomat

Kale biasa digunakan banyak orang untuk membuat jus berbahan sayur. Kamu bisa mengkombinasikan dengan jus tomat.

Tomat bakal memberikan kamu nutrisi seperti magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, dan vitamin K. Nutrisi itu akan dilengkapi oleh kale yang memberikan mangan.

Perpaduan beberapa jenis buah ini bis memperkuat imunitas tubuh. Berikut ini DAFTAR nya!



Simak Video "Segarnya Jus Delima, Pas untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com