10 Jus Buah dan Sayur yang Berkhasiat untuk Diet

Tim Detikfood - detikFood Senin, 24 Mei 2021 06:00 WIB
Jus buah dan sayur Foto: Istock
Jakarta -

Jus buah atau sayur sering dijadikan minuman andalan bagi yang sedang berdiet. Karena keduanya tinggi serat dan bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Akan tetapi, tidak semua buah-buahan dan sayuran memiliki serat yang cukup untuk memenuhi nutrisi harian selama diet. Jadi tidak bisa asal minum jus buah atau sayuran.

Agar mendapatkan manfaat sehat yang maksimal, konsumsilah jus buah yang tinggi serat. Seperti beberapa rekomendasi jus buah dan sayuran yang bagus untuk diet berikut ini.

1. Jus Jeruk

Jus jeruk dengan rasanya yang segar bisa menjadi alternatif minuman sehat karena mengandung lebih sedikit kalori.

Selain itu, jeruk juga sudah dilengkapi dengan nutrisi seperti vitamin C, serat, gula alami, dan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga sistem imun serta menangkal radikal bebas.

2. Jus Mentimun

Mentimun merupakan salah satu buah dengan kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga bisa dijadikan jus untuk diet karena membuat efek kenyang lebih lama.

Rutin minum jus mentimun juga berfungsi menormalkan pergerakan usus dan membantu menurunkan kolesterol darah.

5 Jus Buah yang Bisa Bikin Langsing10 Jus Buah dan Sayur yang Berkhasiat untuk Diet. Foto: iStock

3. Jus Nanas

Jus yang bagus untuk diet selanjutnya yaitu nanas. Muatan enzim yang disebut bromelain pada nanas ini berguna sebagai metabolism protein dan bisa membakar lemak perut.

Enzim lain seperti lipase dalam nanas juga dapat menekan nafsu makan. Bahkan mengonsumsi jus nanas bisa dijadikan minuman anti-inflamasi.

4. Jus grapefruit

Sama seperti jeruk lainnya kaya akan vitamin C, grapefruit juga bisa dijadikan jus diet karena mempunyai kandungan lain yaitu enzim untuk membakar lemak.

Namun, agar grapefruit menjadi jus yang bagus untuk diet, serabut putihnya harus dimasukkan bersamaan. Sebab bagian itu mengandung pektin yang baik sebagai pengontrol kadar kolesterol darah.

5. Jus Bit

Jus buah bit sama sekali tidak mengandung lemak atau kolesterol dan membuatnya sangat memungkinkan untuk mengontrol berat badan.

Selain itu, jus buah bit merupakan sumber serat dan apabila rutin mengonsumsinya dapat membantu menjaga pencernaan.

Jus sayuran juga mempunyai manfaat sehat untuk mereka yang sedang berdiet. Baca daftar lengkapnya DI SINI !



Simak Video "Segarnya Jus Delima, Pas untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com