7 Jenis Buah-buahan untuk Diet yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Novia Aisyah - detikFood Kamis, 20 Mei 2021 06:00 WIB
Ilustrasi alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula
Jakarta -

Buah-buahan untuk diet ada beragam jenisnya. Mulai dari alpukat hingga lemon dan jeruk.

Buah-buahan yang cocok untuk menurunkan berat badan ini punya kalori yang rendah, tapi kandungan serat yang tinggi sehingga cocok untuk menjaga berat badan yang ideal.

Buah menjadi salah satu makanan yang perlu dikonsumsi setiap hari. Selain serat, buah juga mengandung vitamin serta antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis buah sangat banyak. Mulai dari buah yang tinggi kandungan gula sampai buah dengan kandungan kalori sedikit namun tinggi air.

Kira-kira apa saja buah-buahan yang cocok untuk menurunkan berat badan tersebut? Berikut daftarnya:

1. Pir

Mengkonsumsi buah pir dapat menghindarkan kamu dari menimbun kalori karena dalam satu buah pir saja sudah terkandung kira-kira 100 kalori.

Buah pir juga memiliki kandungan serat yang mampu membuatmu kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan kandungan serat yang optimal, lebih baik konsumsi buah pir dengan kulitnya. Jangan lupa bersihkan terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

2. Semangka

Buah yang sangat berair ini tidak hanya cocok untuk diet, tetapi juga sangat baik untuk membuat tubuhmu tetap terhidrasi.

Dalam tiap 100 gram semangka, terdapat kira-kira hanya 30 kalori. Karena itulah, buah semangka sangat cocok untuk menjadi teman diet.

3. Alpukat

Buah untuk diet selanjutnya adalah alpukat. Kandungan lemak sehat yang ada dalam alpukat adalah kunci yang membuatmu tetap kenyang.

Lemak sehat dalam alpukat ini merupakan lemak tak jenuh tunggal yang tentu saja baik untuk kesehatan jantung, meskipun kalorinya tak terbilang rendah. Pastikan tidak menambahkan gula ataupun susu kental manis ke dalam alpukat supaya tidak menambah gula dan kalori berlebihan.

4. Jambu biji

Mengkonsumsi jambu biji dapat menghindarkanmu dari mengkonsumsi camilan yang tidak sehat karena kandungan seratnya yang tinggi mampu menjaga rasa kenyang.

Tak hanya untuk diet, jambu biji juga bagus untuk kulit karena kandungan vitamin C dan antioksidannya.

Bagi penderita diabetes, jambu biji punya manfaat dalam menjaga kadar gula darah.

5. Apel

Buah apel sudah umum dikenal bagi yang sedang melakukan program diet.

Apel cocok sebagai menu ketika menjalankan penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang berkisar 116 kalori dan kandungan seratnya 5,4 gr per buah besar (223 gr).

Karena kandungan inilah, kamu yang sedang melakukan program diet bisa terhindar dari mengkonsumsi camilan yang tidak diperlukan.

6. Raspberi

Serat yang terkandung dalam satu cangkir raspberi adalah 8 gr serat sehingga buah ini merupakan jenis camilan yang sangat baik dan tentunya sehat.

Tak hanya tinggi serat, raspberi juga merupakan buah-buahan yang tinggi antosianin, yang artinya bersifat antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung serta kognitif.

7. Jeruk

Tak hanya apel, buah jeruk juga sudah lama dikenal sebagai buah yang bagus untuk diet.

Selain rendah kalori, tapi kaya serat, jeruk juga punya segudang manfaat untuk kulit, tulang rawan, pembuluh darah, dan sebagainya.

Jeruk untuk diet sebetulnya dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan. Tak hanya untuk jus, buah jeruk juga sangat cocok untuk diolah sebagai bagian dari salad.

Melansir dari Healthline, buah-buahan tak hanya mengandung banyak serat, tapi juga dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan gerakan usus dengan baik. Buah-buahan tropis seperti jeruk, tinggi akan folat. Senyawa ini membantu memproduksi sel darah merah.

Untuk buah-buahan jenis berry sangat kaya antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas dan melindungi kesehatan kulit.

Agar penyerapan dan manfaat yang didapatkan lebih optimal, saat diet, lebih baik mengkonsumsi buah-buahan secara perlahan dan bertahap atau transisi.

Jangan lupa juga untuk tambahkan buah-buahan diet yang disebutkan tadi dengan kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran ke dalam asupan sehari-hari.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com