Cara Menurunkan Berat Badan hingga 20 Kg dalam 6 Bulan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 30 Apr 2021 06:00 WIB
Cara Menurunkan Badan hingga 20 Kg dalam 6 Bulan Foto: Twitter @_anisuhailah
Jakarta -

Seorang wanita asal Malaysia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram dalam waktu enam bulan. Ia menjalani diet dengan cara berpuasa gula.

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan semua insan. Dengan begitu dapat meningkatkan percaya diri seseorang. Pola makan adalah kunci yang harus diperhatikan saat ingin menurunkan berat badan.

Salah satu penyebab bertambahnya berat badan adalah mengonsumsi gula secara berlebih. Nah, kebiasaan ini secara tak sadar sering dilakukan saat waktu berbuka puasa.

Baca Juga : Menu Diet Tya Ariestya yang Berhasil Turun 19 Kg dalam 4 Bulan!

Cara Menurunkan Badan hingga 20 Kg dalam 6 BulanCara Menurunkan Badan hingga 20 Kg dalam 6 Bulan Foto: Twitter @_anisuhailah

Karenanya penting untuk menjaga asupan gula, terutama di bulan suci Ramadhan. Cara tersebutlah yang dilakukan oleh seorang perempuan yang berasal dari Malaysia. Perempuan tersebut bernama Anis Suhailah.

Lewat cuitan di Twitternya (24/04) ia membagikan cara menurunkan berat badan dengan berpuasa gula. Dengan cara tersebut Anis telah berhasil memangkas bobotnya hingga 20 kiligram hanya dalam waktu 6 bulan.

"Untuk bulan pertama sampai bulan ketiga, saya puasa gula atau orang biasa menyebutnya dengan sebutan detoksifikasi gula," ujar Anis seperti yang dikutip dari Siakapkeli.My.

Bowl and spoon with pure sugar on wooden boardBowl and spoon with pure sugar on wooden board Foto: iStock

Puasa gula yang dimaksud Anis adalah bukan menghindari gula, melainkan mengasup gula dalam jumlah terbatas. Jadi perlu mengatur asupan gula harian agar tidak berlebih. Sebab bagaimanapun juga, tubuh manusia masih membutuhkan gula sebagai energi.

"Tubuh kita masih membutuhkan gula untuk energi. Saya hanya mengonsumsi gula dalam jumlah terbatas karena tubuh tetap butuh gula untuk sumber energi," tulisnya.

Lebih lanjut, Anis juga membeberkan jenis makanan yang mengandung gula berlebih. Mulai dari jus kemasan, kopi susu, hingga makanan seperti nasi, roti dan mie. Karenanya Anis menyarankan untuk mengurangi porsi makan dan minum tersebut.

Cara Menurunkan Badan hingga 20 Kg dalam 6 BulanCara Menurunkan Badan hingga 20 Kg dalam 6 Bulan Foto: Twitter @_anisuhailah

"Jadi saya berhenti gula dari makanan dan minuman manis baik yang dicampur gula putih atau gula merah. Tapi saya masih makan nasi, hanya saja porsinya saya kurangi jadi setengah hingga seperempat," tulis Anis.

Sebagai gantinya, ia lebih memilih rasa manis dari gula alami yang jauh lebih sehat. Biasanya, Anis rutin minum jus buah semangka. Nah, dari jus itulah ia mendapatkan asupan gula alami.

"Saya juga menggunakan madu sebanyak satu atau dua tetes, sebagai campuran makanan agar terasa sedikit manis. Tergantung makanannya," ujar Anis.

Selain mengurangi asupan gula, Anis juga mengurangi makanan yang berminyak dan yang digoreng. Kemudian, Anis juga mengimbangi dengan olahraga lari setelah berat badannya turun 10 kilogram.

Baca Juga : Rahasia Diet Melly Goeslaw, Berhasil Ganti Ukuran dari XXL ke M



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com