Diet DASH Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Bikin Langsing

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 07:00 WIB
Makanan penurun tekanan darah tinggi Foto: iStock

4. Menu makanan

rahasia umur panjang nenek 104 tahun, ternyata tidak makan garam.Diet DASH Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Bikin Langsing
Foto: lymington.com/iStock

Untuk diet DASH ini sebenarnya cukup mudah dan enak dijalani. Kamu bisa menyantap berbagai jenis makanan mulai dari buah, sayuran, sumber protein, biji-bijian hingga kacang-kacangan.

Sayuran dan buah yang direkomendasikan antara lain brokoli, wortel, ubi dan sayuran hijau. Sementara untuk buah, kamu bisa mengasup hampir seluruh jenia buah. Cara terbaik menyantapnya adalah dalam keadaan segar. Tapi kalau ingin dijadikan jus, pastikan untuk tidak menambahkan gula secara berlebih.

Aneka makanan lain seperti roti, pasta, daging, ayam, ikan hingga susu rendah lemak. Kamu juga bisa mengasup makanan manis maksimal 5 porsi dalam seminggu.



5. Turunkan risiko penyakit jantung hingga stroke

Diet DASH ternyata memberi dampak positif pada banyak aspek kesehatan. Termasuk menurunkan risiko terkena masalah pada kesehatan jantung dan stroke.

Studi yang dilakukan pada wanita yang mengikuti diet DASH, dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 20 persen dan penurunan risiko stroke sebesar 29 persen.

Meskipun terkesan mudah, diet DASH harus dilakukan dengan niat karena mengonsumsi makanan rendah garam tidaklah mudah. Makanan yang rasanya tawar tentu menurunkan selera makan, tapi sebanding dengan khasiat yang didapatkan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com