Diet DASH Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Bikin Langsing

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 07:00 WIB
Makanan penurun tekanan darah tinggi Foto: iStock

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Kunci utama dari menjalani diet DASH adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Tak hanya itu, kamu juga perlu membatasi asupan makanan yang menjadi penyebab hipertensi.

Garam merupakan musuh utama penderita hipertensi karena dapat memberikan efek langsung terhadap kenaikan tekanan darah. Untuk itu, penderita hipertensi harus mengurangi asupan garam agar tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.

Dengan menjalani diet DASH, tubuh akan memiliki siklus baru. Tentunya hal ini perlu dilakukan dengan konsisten dan teratur dalam keseharian. Tak ada yang instan, diet DASH harus dilakukan secara terus menerus agar hasilnya bisa dilihat.

3. Menurunkan berat badan

Tidak hanya menurunkan tekanan darah, diet DASH juga terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan. Membatasi asupan lemak dan gula berlebih membuat orang-orang yang menjalani diet DASH jadi lebih ramping.

Penurunan berat badan berhubungan dengan tekanan darah yang lebih stabil. Untuk hasil yang maksimal, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga secara rutin serta menghindari stres.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com