Cara Mengembalikan Indra Perasa, Lakukan 5 Tips Makan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Jul 2021 17:00 WIB
Cara Mengembalikan Indra Perasa, Lakukan 5 Tips Makan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Alpgiray Kelem

3. Konsumsi makanan yang kamu suka

Cara mengembalikan indra perasa selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kamu suka. Hal ini mencegah kamu kurang nutrisi karena tidak selera makan.

Meski makanan tersebut kurang menyehatkan, namun selama kamu menyukainya, kamu bisa memakannya dulu. Hal ini lebih baik ketimbang kamu tidak makan sekali. Misalnya, kamu suka makanan yang asinnya kuat, maka tak masalah menambahkan lebih banyak garam ke dalam makananmu.

Jika kamu sudah suka satu makanan dan tak bisa makan yang lainnya, lanjutkan saja pola makan tersebut sampai indra perasamu berangsur-angsur pulih. Namun perlu diperhatikan, jika kondisimu tak membaik dalam jangka waktu lama, kamu perlu konsultasi ke dokter.

4. Makan sedikit, tapi sering

Cara Mengembalikan Indra Perasa, Lakukan 5 Tips Makan IniCara Mengembalikan Indra Perasa, Lakukan 5 Tips Makan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Alpgiray Kelem

Tips makan ini biasanya dipraktikkan mereka yang berdiet, namun ternyata juga cocok sebagai cara mengembalikan indra perasa. Makanlah sedikit-sedikit, namun sering. Apalagi jika kamu merasa mual karena harus menelan makanan yang terasa hambar. Cara ini bisa jadi salah satu solusinya.

Coba makan setiap 2-4 jam sekali. Usahakan mengasup sumber karbohidrat, protein, dan lemak sehat dalam setiap makan utama. Kemudian sertakan dua porsi camilan sehat setiap harinya.

Pola makan sedikit tapi sering ini menurunkan risiko kamu bosan akan jenis makanan tertentu. Cara ini juga memastikan kamu tetap dapat asupan nutrisi meski mulutmu terasa tidak enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com