5 Makanan Fermentasi Paling Sehat di Dunia, Ada Tempe hingga Kimchi!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 01 Jul 2021 07:00 WIB
Natto. Japanese food.natto. Japanese food. Foto: iStock

3. Kombucha

Woman person serving pouring kombucha fermented tea into two juice shot glasses on wooden table from bottlekombuchaFoto: iStock

Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh hitam dan gula dengan menggunakan bakteri dan ragi. Kemudian difermentasi selama 8-12 hari.

Minuman ini banyak ditemukan di China, Rusia, Korea, dan Jepang. Kombucha memiliki rasa asam dan aroma yang menyengat. Belakangan kombucha menjadi tren minuman sehat dan dikreasikan dengan beragam rasa.

Kombucha adalah salah satu minuman yang menyehatkan tubuh. Karena di dalamnya mengandung zat antioksidan dan sumber probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

4. Natto

Natto. Japanese food.natto. Japanese food.Natto Foto: iStock

Salah satu makanan fermentasi yang populer di Jepang adalah natto. Natto merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai dan bakteri Bacillus subtilis.

Proses fermentasi natto ini menghasilkan cairan lengket dan berlendir. Di Jepang, natto bisa dikonsumsi begitu saja. Namun banyak juga yang mengonsumsinya dengan nasi panas untuk menu sarapan yang sehat.

Natto mengandung serat, probiotik, dan vitamin K2. Kandungan nutrisi ini bisa membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dan darah tinggi. Natto juga tinggi antioksidan dan bisa melancarkan pencernaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com