Artisan Bread yang Unik

Si Asam Lembut Sourdough yang Jadi Incaran Banyak Orang

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 06 Nov 2018 10:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Pencinta roti wajib tahu bagaimana roti sourdough dibuat. Tak hanya empuk enak, roti sourdough memang lebih menyehatkan dan mudah dicerna.

Bicara soal artisan bread, sourdough jadi satu dari sekian banyak jenis roti yang cukup populer. Meski punya aroma khas dan rasa yang asam, roti jenis ini jadi primadona. Terlebih bagi penggemar artisan bread.

Umumnya sourdough disantap langsung, dengan butter. Dibuat sandwich dengan aneka topping atau diberi keju dan dipanggang. Tetapi banyak orang suka roti ini dimakan begitu saja tanpa olesan.

Si Asam Lembut Sourdough yang Jadi Incaran Banyak OrangFoto: Istock
Awal mula terciptanya sourdough ialah dari adonan roti yang ditinggalkan seorang warga Mesir selama beberapa hari. Kemudian adonan tapung gandum dan air tersebut mengembang dengan sendirinya. Saat itu, ia tetap memanggang adonan roti tadi. Hasilnya justru memberi citarasa yang lebih asam namun memiliki tekstur yang lembut.

Baca juga: Ditemukan 10.000 Tahun Lalu, Artisan Bread Sempat Dijadikan Mata Uang

Jadi, sourdough memang terbuat dari adonan tepung gandum, air, dan terpenting ragi alami. Meski begitu, saat ini sourdough lebih sering dibuat menggunakan ragi instan.

Si Asam Lembut Sourdough yang Jadi Incaran Banyak OrangFoto: Istock
"Sourdough secara harfiah artinya roti yang dibuat dengan ragi alami. Anda perlu mengumpulkan ragi untuk membuat 'yeast culture'. Setelah itu, masukkan ke dalam adonan dan tunggu hingga mengembang lalu membentuknya. Setelah itu, Anda harus membiarkannya terfermentasi lebih dulu sebelum memanggangnya. Karena Anda menggunakan ragi alami, rasanya akan lebih asam," jelas Ian Chin selaku Baker Professional lulusan La Cordon Bleu.

Meski terlihat sangat sederhana, nyatanya sourdough membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibuat. Apalagi jika dibuat menggunakan ragi alami. Proses fermentasi alaminya saja bisa memakan waktu selama dua hari.

Tapi bagi Ian, warga Indonesia lebih mudah membuat sourdough karena cuaca yang ada. Menurutnya cuaca yang lembab membuat proses fermentasi lebih cepat.

Si Asam Lembut Sourdough yang Jadi Incaran Banyak OrangFoto: Istock
"Saya sudah membuatnya (sourdough) beberapa kali dan menurut saya tidak terlalu sulit. Malah di Indonesia lebih cepat membuat sourdough karena cuacanya yang lembab," ungkap Ian.

Saat ditanya mengapa sourdough sangat populer, ia justru menjabarkan manfaat positif jika mengkonsumsi sourdough. Menurutnya, sourdough lebih menyehatkan dan mudah dicerna oleh tubuh.

"Menurut saya di sini jadi popular karena orang Indonesia yang kembali dari negara tadi menginginkan roti yang sama di sini. Juga karena lebih menyehatkan dan mudah dicerna. Karena saat ini orang-orang lebih suka makanan sehat," pungkas baker yang pernah bekerja di Sullivan Street Bakery, New York.

Baca juga: Ini Karakter Artisan Bread yang Membedakan dengan Roti Biasa (dwa/odi)