7 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh Anak agar Tetap Sehat Saat Pandemi

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 27 Jun 2021 08:30 WIB
brokoli awet muda Foto: iStock
Jakarta -

Virus Covid-19 kini telah banyak menyerang anak-anak. Tujuh makanan penambah daya tahan tubuh anak ini baik dikonsumsi rutin untuk mencegah paparan virus berbahaya.

Kasus Covid-19 masih menjadi momok yang menakutkan di semua wilayah. Coronavirus bisa saja menyerang tanpa mengenal usia dan siapapun itu.

Akhir-akhir ini menurut kabar yang diberitakan banyak anak-anak yang juga terjangkir Covid-19 bahkan merasakan gejala yang lebih dahsyat dari orang dewasa. Imunitas yang belum kuat dan cukup matang membuat mereka menjadi sasaran empuk untuk virus menjangkit.

Memerhatikan asupan makanan anak menjadi salah satu cara penting yang bisa dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh anak terhadap jangkitan virus yang tengah merebak. Ada tujuh makanan yang disarankan oleh para ahli untuk secara rutin diberikan kepada anak untuk menjaga imunitas mereka agar lebih kuat.

Berikut ini 7 makanan penambah daya tahan tubuh anak menurut Super Healthy Kids.

Semangkuk kacang almond.Foto: iStock

1. Almond

Makanan penambah daya tahan tubuh anak ini berasal dari kacang-kacang. Kacang almond mengandung nutrisi yang begitu padat. Karena kepadatan nutrisinya ini membuat almond diakui sebagai superfood yang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Para ahli mengatakan bahwa 10 buah almond dalam sehari saja sudah dapat membantu meningkatkan imunitas anak. Mencampurkan almond dengan oatmeal atau yogurt misalnya, bisa menjadi cara mudah agar anak makan kacang almond.

Baca juga: 5 Camilan Sehat yang Bisa Meningkatkan Imunitas Anak

2. Yogurt

Kandungan probiotik yang ada pada yogurt dapat menstimulasi sistem imunitas. Namun hal yang harus diperhatikan saat memberikan yogurt untuk anak-anak adalah kandungan gula yang ada di dalamnya.

Memilih yogurt yang hambar akan jauh lebih sehat dan memungkinkan tubuh anak mendapatkan nutrisi dan manfaat yang lebih efektif. Jika ingin menambahkan rasa lebih gunakan pemanis alami yang ditambahkan sendiri misalnya madu atau potongan buah segar.

3. Salmon

SalmonFoto: iStock

Bukan hanya untuk perkembangan otaknya, asam lemak omega 3 yang ada pada salmon juga dapat meredakan inflamasi pada anak. Asam lemak omega 3 pada salmon dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara dan menjaga paru-paru dari hawa dingin serta infeksi pernapasan.

Pada penelitian terbaru, makanan penambah daya tahan tubuh anak ini juga ditemukan memiliki indikasi asam lemak yang dapat meningkatkan sistem imunitas. Melalui konsumsi nugget salmon misalnya, sel-sel imunitas anak-anak akan sangat terbantu untuk terbentuk dan menjadi lebih kuat.

4. Telur

Telur merupakan makanan yang dikenal dengan sumber vitamin D-nya yang alami. Telur juga bersifat sebagai makanan penambah daya tahan tubuh anak karena dilengkapi nutrisi pemacu imunitas seperti vitamin B dan selenium.

Rasa telur yang cenderung gurih dan disukai anak-anak akan sangat memudahkan untuk membantu meningkatkan kekuatan imunitas anak-anak. Konsumsi dua buah telur rebus sehari pada saat makan siang dan atau sebagai camilan dinilai ampuh untuk menjaga si kecil dari serangan virus.

5. Brokoli

brokoli awet mudaFoto: iStock

Sayuran hijau ini memiliki nutrisi yang cukup padat dan biasanya akan lebih disukai anak-anak. Brokoli memiliki berbagai jenis nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas pada anak. Misalnya seperti vitamin C, A, E dan beberapa jenis kandungan antioksidan.

Brokoli bisa diolah dengan cara dicampurkan ke dalam makanan anak. Misalnya pada nasi, omelette atau bahkan brokoli rebus dengan saus celupan untuk menu camilan si kecil di rumah.

6. Bayam

Bayam punya banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas. Makanan penambah daya tahan tubuh anak ini mengandung vitamin A, E, C, K, folat, mangan, zinc, selenium serta zat besi yang begitu padat.

Semua kandungan nutrisi ini bekerja dengan manfaatnya masing-masing terhadap fungsi imunitas pada tubuh. Untuk anak-anak, bayam bisa disajikan dalam bentuk sayur maupun olahansmoothie yang bisa diberikan pada saat waktu sarapan.

7. Ubi

ubiFoto: iStock

Rasa ubi yang cenderung manis akan sangat digemari oleh anak-anak. Ubi diketahui mengandung beta karoten yang begitu tinggi. Pada sebuah penelitian, kandungan beta karoten dalam ubi terbukti dapat meningkatkan kadar sel darah putih dan meningkatkan aktivitas sel-sel yang dapat membunuh virus.

Menyajikan ubi rebus untuk camilan anak juga terbukti ampuh untuk memberikan asupan vitamin dan serta nutrisi pembangkit imunitas untuk melindungi kesehatan anak-anak. Selain itu ubi juga bisa diolah dengan telur yang tinggi vitamin D dan disajikan sebagai pancake untuk ide hidangan sarapan si kecil.

Baca juga: Berikan 8 Makanan Enak Ini Agar Daya Tahan Tubuh Anak Lebih Kuat (1)



Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com