Berikan 8 Makanan Enak Ini Agar Daya Tahan Tubuh Anak Lebih Kuat (1)

Christina Ambarrita - detikFood Kamis, 07 Jan 2016 10:43 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - ​Awal musim hujan memicu banyak penyakit. Karenanya berikan makanan sehat secara rutin agar si kecil tak mudah jatuh sakit.

Sakit biasanya disebabkan karena daya tahan tubuh melemah. Agar sistem kekebalan tubuh anak lebih kuat di saat pancaroba, berikan makanan ini secara rutin. Olah dalam beragam cara agar selalu menarik minatnya.​

1. Sayuran Hijau



Sayuran hijau sangat baik untuk pertumbuhan anak. ​Kandungan antioksidannya juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubu​h​. Sayuran seperti bayam kaya akan zat besi, asam folat, zinc, serta vitamin. Anak-anak harus diajarkan untuk menyukai sayuran untuk memperkuat imunitasnya. ​Olah bayam menjadi sup, campuran bola daging atau dihaluskan bersama krim.​
 
2.Telur dan​ Daging Tanpa Lemak



“Untuk meningkatkan imunitas, berikan makronutrien seperti protein kepada anak-anak,” saran Dr. S. Yamuna, seorang dokter spesialis anak. Telur yang diolah dengan baik, seperti ​direbus, didadar, atau digoreng saja merupakan sumber protein yang cukup besar bagi anak-anak.

Kuning telurnya mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Sedangkan daging tanpa lemak dan daging unggas mengandung kadar zinc dan mineral penting dalam jumlah yang cukup tinggi. Keduanya berguna untuk meningkatkan kadar sel darah putih yang bisa memerangi infeksi. Sedangkan kacang-kacangan amat baik sebagai sumber protein​ nabati​.

3. Yogurt



Yogurt dapat membantu mencegah penyakit gastrointestinal​ pada anak​. Jika si kecil tidak suka rasa yogurt yang plain, Anda bisa memberikannya yogurt dengan ​campuran buah segar​. Minuman ini mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu memerangi bakteri jahat di dalam perut. Pilihlah Yogurt yang rendah lemak atau bahkan yang bebas lemak agar manfaat yogurt lebih terasa tanpa ​tambahan​ lemak jenuh.
 
4. Jamur



Banyak orang menganggap jamur adalah makanan kedua terbaik setelah daging ayam. Jamur memiliki rasa lezat dan nutrisi yang tinggi. Nutrisi pada jamur seperti mineral dan zinc dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk memerangi infeksi.

Jamur juga bisa dimanfaatkan untuk memerangi demam, flu, dan infeksi pernapasan lainnya. Jenis jamur yang berbeda memberikan efek nutrisi yang berbeda-beda pula. M​ulai dari antibakteri, antiviral, hingga anti-tumor. Jangan ragu menambahkan jamur ke dalam sajian sup, salad, dan campuran ​burger ​untuk si kecil.

(msa/odi)