7 Buah Rendah Gula yang Cocok Jadi Camilan Saat Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 27 Jun 2021 06:00 WIB
5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan Foto: iStock
Jakarta -

Buah rendah gula ini cocok dijadikan camilan sehat selama proses menurunkan berat badan. Ada lemon, alpukat, hingga semangka yang bisa dicoba.

Gula adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Namun konsumsinya perlu dibatasi karena jika berlebih akan membahayakan kesehatan seperti picu obesitas dan diabetes.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan asupan gula per hari 50 gram saja, atau tak lebih dari 5-9 sendok teh. Sumber gula bukan hanya dari gula pasir saja, melainkan juga dari makanan dan minuman.

Dari makanan, ada buah-buahan yang tinggi gula dan ada pula yang rendah gula. Bagi yang sedang diet atau alami diabetes, konsumsi buah rendah gula sangat dianjurkan.

Buah ini tidak akan banyak menambah kalori atau menyebabkan lonjakan gula darah dalam waktu singkat. Per porsi sajinya hanya mengandung 1-13 gram gula saja. Namun begitu, tetap waspadai jumlah porsinya supaya asupan gula tidak berkali-kali lipat.

Healthline (25/6) merekomendasikan 7 buah rendah gula ini untuk dikonsumsi:

1. Lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis adalah buah citrus yang terkenal dengan rasa asamnya. Dua buah ini tidak mengandung banyak gula, hanya 1-2 gram saja dalam setiap buahnya.

Konsumsi lemon dan jeruk nipis bisa dalam beragam cara. Salah satunya mencampurkan perasan air lemon atau jeruk nipis ke segelas air hangat atau teh. Selain enak, cara ini bisa bantu menekan rasa lapar. Penting untuk kamu yang lagi diet.

2. Buah berry

Penistaan! Nasi Biryani Ini Diberi Topping Buah StrawberryFoto: iStock

Selain kaya antioksidan, kelebihan lain dari buah berry adalah tergolong buah rendah gula. Kamu bisa menjadikan raspberry, strawberry, dan blackberry sebagai camilan sehat.

Tiap cup sajinya, buah berry hanya mengandung 5-7 gram gula. Jumlah ini tak berbeda jauh dengan takaran satu sendok the gula. Rasa buah berry yang asam, manis, dan enak juga bakal bikin kamu berselera!

3. Alpukat

Alpukat tergolong buah rendah gula yang populer di kalangan pencinta hidup sehat. Alpukat tinggi kandungan lemak sehat yang membuat konsumsinya juga bagus untuk kesehatan.

Satu buah alpukat utuh hanya mengandung sekitar 1 gram gula. Sifatnya yang mengenyangkan juga membuat buah ini cocok dijadikan camilan diet. Asalkan kamu tidak menambahkan gula pasir atau susu kental manis saat menikmati alpukat.

4. Melon cantaloupe

Cantaloupe melon isolated on white background. Juicy and sweet cantaloupe melon isolated on white backgroundFoto: iStock

Cantaloupe adalah melon yang daging buahnya berwarna oranye. Cantaloupe memiliki rasa yang manis enak.

Untuk nutrisinya, satu cup cantaloupe mengandung kurang dari 13 gram gula. Jumlah ini mungkin terlihat lebih banyak dibanding buah lain, namun perlu kamu ingat jumlah ini tak sebanding dengan soda kalengan yang gulanya sampai 40 gram. Konsumsi cantaloupe tentu jauh lebih sehat karena juga tinggi kandungan vitamin A.

5. Peach

Peach atau persik terkenal dengan rasa manis juicynya. Namun peach juga termasuk buah rendah gula karena satu buah peach ukuran medium mengandung kurang dari 13 gram gula.

Peach juga punya banyak manfaat sehat lain. Salah satunya menjaga imunitas tubuh karena peach tinggi vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

6. Semangka

Banyak Semangka Suntik, Kenali Ciri Semangka Masak dan ManisFoto: Getty Images/iStockphoto/cihatatceken

Buah rendah gula selanjutnya adalah semangka. Satu cup semangka yang sudah dipotong kotak-kotak kecil mengandung kurang dari 10 gram gula.

Bonus lainnya, semangka merupakan sumber zat besi yang baik. Kandungan airnya yang banyak juga membuat semangka bersifat mengenyangkan saat dimakan.

7. Kiwi

Satu lagi buah rendah gula yang bisa kamu jadikan camilan sehat saat diet. Satu buah kiwi hanya mengandung 6 gram gula saja.

Kiwi juga tinggi vitamin C sehingga bagus untuk imunitas tubuh. Kiwi paling enak dimakan dalam keadaan dingin.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com